Ini 5 Fakta Kunjungan Pertama Pangeran Mohamed ke Indonesia...

Kompas.com - 25/07/2019, 09:57 WIB
Presiden Jokowi menyambut kedatangan Pangeran Abu Dhabi, Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, di Istana Bogor, Rabu (24/7/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Jokowi menyambut kedatangan Pangeran Abu Dhabi, Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, di Istana Bogor, Rabu (24/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo, Rabu (24/7/2019) kemarin, menerima kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. Pertemuan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor.

Berikut sejumlah fakta menarik yang telah dirangkum kompas.com terkait pertemuan tersebut:

Dijemput di Tangga Pesawat

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (24/7/2019).

Pesawat berjenis Boeing 777 yang membawa Putra Mahkota mendarat sekitar pukul 08.51 WIB. Putra Mahkota Abu Dhabi yang juga Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab tersebut disambut langsung oleh Presiden di anak tangga terakhir pintu pesawat.


Keduanya tampak berjabat tangan dan berbincang hangat sebelum masuk ke dalam satu mobil yang telah disiapkan.

Penyambutan seperti ini tidak lazim dilakukan kepala negara. Selain Pangeran Mohamed, Jokowi juga pernah melakukan penyambutan di tangga pesawat ketika menyambut Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, 2018 lalu.

Baca juga: Jokowi Jemput Pangeran Mohamed di Tangga Pesawat

Menlu Retno Marsudi menjelaskan, Jokowi menjemput langsung Mohamed di tangga pesawat karena hal serupa juga dilakukan Mohamed saat Jokowi berkunjung ke Abu Dhabi pada 2015 lalu.

"Saat kunjungan presiden ke Abu Dhabi tahun 2015, presiden itu dijemput di depan pesawat, oleh Syekh Mohamed, kemudian dibawa masuk ke mobilnya Syekh Mohamed, disetirin sendiri. Kemudian dibawa sampai ke restoran sendiri oleh Syekh Mohamad," kata Retno kepada wartawan usai pertemuan di Istana Bogor, Rabu siang.

Melihat Bundaran HI

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jokowi dan Mohamed yang berada di satu mobil menuju Istana Bogor. Namun, Jokowi sengaja meminta iring-iringan untuk melewati kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

"Sebelum menuju Bogor, rombongan terbatas Presiden dan Pangeran keluar dari jalan tol menuju bundaran HI," kata Deputi Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin.

Menurut Bey, Presiden ingin menunjukkan pesatnya pembangunan di Indonesia dengan melewati kawasan yang menjadi ikon Ibu kota Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X