Kompas.com - 24/07/2019, 11:38 WIB
Presiden Joko Widodo mengajak Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk menanam pohon di Istana Bogor, Rabu (24/7/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo mengajak Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk menanam pohon di Istana Bogor, Rabu (24/7/2019).
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengajak Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk menanam pohon di Istana Bogor, Rabu (24/7/2019).

Presiden Jokowi dan Zayed tiba di Istana Bogor pukul 10.30 WIB. Sebelumnya, Jokowi menjemput Zayed di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Setibanya di Istana, Zayed langsung disambut upacara kenegaraan. Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara diiringi 21 kali dentuman meriam.

Baca juga: Wapres Terima Menteri Energi dan Industri UEA, Bahas Investasi

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Setelah itu, Jokowi dan Zayed berbincang di beranda istana didampingi dua menteri dari masing-masing negara.

Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan saat kunjungan kenegaraan di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Rabu (24/7/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Presiden Joko Widodo berbincang dengan Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan saat kunjungan kenegaraan di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Rabu (24/7/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
Setelah itu Jokowi dan Zayed menuju halaman Istana Bogor untuk melakukan penanaman pohon. Pohon yang ditanam adalah pohon damar, sejenis pohon anggota tumbuhan runjung yang merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina. Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.

Setelah penanaman pohon, Jokowi dan Zayed menggelar pertemuan bilateral bersama para menteri.

Baca juga: Jokowi Ajak Pangeran Abu Dhabi ke Bundaran HI, Tunjukkan Pesatnya Pembangunan

Dari Indonesia, turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Usai pertemuan bilateral, Jokowi dan Zayed akan menyampaikan pernyataan bersama terkait kerja sama yang telah disepakati kedua negara.

Kompas TV Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut baik rencana pertemuan lanjutan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Rabu (24/7) esok.<br /> Pertemuan ini akan dihadiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.<br /> <br /> JK meyakini pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tersebut akan berdampak positif, bagi dua tokoh bangsa tersebut. Wapres menyebut pertemuan nantinya bukan untuk negosiasi kursi kabinet, melainkan rekonsiliasi.<br /> <br /> Menurut rencana, pertemuan ini akan dihadiri oleh Ketua Umum Pdi Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.