Ini yang Disepakati Pimpinan 4 Partai KIK Terkait Kursi Ketua MPR di Kantor Nasdem

Kompas.com - 23/07/2019, 20:55 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johny G Plate, di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019) KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOSekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johny G Plate, di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, tidak ada pembicaraan mengenai nama-nama calon pimpinan MPR dalam pertemuan empat ketua parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf, Senin (22/7/2019).

"Tidak ada nama-nama yang keluar karena itu diserahkan kepada pimpinan partai politiknya," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Hanura Sebut Pertemuan 4 Ketum Parpol di Kantor Nasdem Bahas Kursi MPR

Johnny mengatakan, empat ketum partai tersebut sepakat posisi pimpinan MPR dalam sistem paket dibahas dengan musyawarah dan kesepakatan bersama calon DPD.

"Koalisi KIK setidaknya di antara empat partai koalisi Nasdem, Golkar, PPP, dan PKB sepakat bahwa penyelesian formasi calon pimpinan MPR sebagai satu paket akan dibicarakan secara musyawarah dan konsesus bersama-sama calon dari DPD," ujar dia. 

Terkait dengan posisi pimpinan MPR, Johnny menegaskan, empat ketum tersebut pasti mengajak sejumlah partai lain untuk membicarakan hal itu, termasuk PDI-P.

"Nanti partai-partai mana saja mengusulkan siapa, formasi pimpinan ketuanya siapa, wakilnya siapa, kami akan bicarakan lebih lanjut," kata dia. 

Selanjutnya, Johnny mengatakan, pertemuan empat ketum itu tidak membahas rencana penambahan partai baru dalam koalisi Jokowi-Ma'ruf. Menurut dia, pertemuan itu justru untuk menjaga soliditas koalisi.

Sebelumnya, empat ketua umum dari partai politik koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019, Senin (22/7/2019), berkumpul di Kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat.

Hadir Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh sebagai tuan rumah.

Baca juga: Muhaimin Mengaku Belum Ada Pembahasan Ketua MPR dengan Parpol Koalisi

Dalam konferensi pers malam harinya, sejumlah topik diungkapkan keempat ketum parpol ini.

Keempatnya sepakat bahwa koalisi Jokowi-Ma'ruf berjalan sekat dan tetap solid mendukung pemerintahan lima tahun ke depan. Mereka sekaligus sepakat menjaga situasi kondusif ini ke depan.

Keempat ketum parpol juga menegaskan, hingga kini, koalisinya belum membahas kemungkinan oposisi masuk ke kursi pemerintahan.

Kini, yang menjadi fokus koalisi adalah menguatkan kesolidan dan kesatuan antarpartai koalisi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X