Mendagri: Saya Tak Pernah Melarang Kepala Daerah ke Luar Negeri

Kompas.com - 23/07/2019, 13:44 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019). KOMPAS.com/Devina HalimMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku selalu memberi izin kepada kepala daerah yang ingin melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Tjahjo mengatakan, ia selalu memberi izin karena ia yakin bahwa setiap perjalanan dinas kepala daerah ke luar negeri akan memberi manfaat bagi daerah masing-masing.

"Saya tidak pernah tidak memberikan izin kepada seluruh kepala daerah, termasuk DPRD. Dengan dia mengajukan izin berarti ada manfaat buat daerah, termasuk DKI," kata Tjahjo kepada wartawan di Kampus IPDN Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Disinggung Mendagri, Anies Minta Daftar Dinas Luar Negeri Kepala Daerah Diumumkan


Tjahjo mengatakan, selama lima tahun terakhir, perjalanan dinas kepala daerah ke luar negeri selalu disetujui juga karena menggunakan anggaran daerah masing-masing.

Ia menyebut, aturan-aturan yang dibuat Kemendagri justru memudahkan para kepala daerah yang ingin melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

"Kami hanya mengontrol kasih spare waktunya saja supaya mengurus visanya juga baik sesuai undang-undang, rombongannya juga jangan banyak-banyak," ujar Tjahjo.

Ia mengatakan, tidak ada batasan bagi kepala daerah untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Menurut Tjahjo, hal itu kembali kepada kebutuhan daerah masing-masing.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X