Muhaimin Janji Parpol di Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tak Utamakan Ego

Kompas.com - 23/07/2019, 07:54 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menyambangi kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019). KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOKetua Umum Partai Kebangkan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menyambangi kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan, partainya ingin menyukseskan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lima tahun ke depan.

Partai politik yang tergabung dalam koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf pun siap menanggalkan ego masing-masing demi mewujudkan hal itu.

"Solidaritas koalisi Jokowi lima tahun ke depan akan terus dijaga. Ego masing-masing partai dinomorduakan sehingga produkvititas koalisi meningkat," kata Muhaimin atau Cak Imin di Gedung DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Kemarin, sebagian parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) berkumpul dan bertemu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Dalam pertemuan itu, selain Muhaimin ada juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Pertemuan itu bertujuan untuk menyolidkan parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Baca juga: PPP Sebut Koalisi Jokow-Maruf Belum Bahas Masuknya Anggota Baru

Cak Imin menuturkan, kesolidan partai koalisi adalah hal mutlak. Dia tidak ingin kesatuan partai rusak karena pemberitaan atau isu yang muncul terkait rebutan jabatan.

Dia menyoalkan pemberitaan mengenai perebutan kursi Menteri Agama (Menag) dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Cak Imin kemudian memastikan tidak ada persaingan tersebut.

"Kita diadu seolah-olah rebutan posisi apa, padahal tidak ada sama sekali," ucapnya.

Menurut Muhaimin, ego partai akan menganggu produktivitas dan kesolidan koalisi Jokowi-Ma'ruf, khususnya bisa menghambat program-program pemerintah.

Jika ada permasalahan dalam koalisi, lanjutnya, ia berharap dapat diselesaikan secara musyawarah. Prinsipnya, kebersamaan dan kesolidan parpol menjadi kunci sukses pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan.

"Apa pun perkembangan ke depan, kita sikapi secara musyawarah bersama-sama. Termasuk apakah koalisi dikembangkan atau tidak insya Allah sepakat bersama-sama dan diskusi," ucap Cak Imin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X