Jokowi: Mimpi Besar Hanya Dapat Terwujud jika Kita Bersatu...

Kompas.com - 14/07/2019, 21:26 WIB
Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato Visi Indonesia di Sentul, Bogor, Minggu (14/7/2019).YOUTUBE KOMPAS TV Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato Visi Indonesia di Sentul, Bogor, Minggu (14/7/2019).

KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan, Indonesia memiliki mimpi-mimpi besar yang perlu diwujudkan. Namun, mimpi itu tidak akan tercapai jika masyarakatnya terpecah.

"Perlu saya ingatkan bahwa mimpi-mimpi besar hanya bisa terwujud jika kita bersatu, jika kita optimis, jika kita percaya diri," ucap Jokowi, saat menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden terpilih dalam acara Visi Indonesia di Sentul, Minggu (14/7/2019) malam.

Jokowi melanjutkan, visi mengenai Indonesia maju merupakan Indonesia yang tidak meninggalkan satu pun rakyatnya dalam meraih cita-cita.

Menurut Jokowi, Indonesia yang didambakan adalah Indonesia yang demokratis, yang hasilnya dapat dinikmati seluruh rakyatnya.

"Indonesia yang setiap warga negaranya memiliki hak yang sama di depan hukum," kata Jokowi.

"Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kelas dunia. Indonesia yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa dan negara dalam dunia yang semakin kompetitif," tuturnya.

Menurut Jokowi, impian dan cita-cita Indonesia seperti itu perlu diwujudkan oleh semua masyarakatnya.

Dengan demikian, Jokowi berharap bangsa Indonesia tidak lagi memikirkan tentang diri sendiri atau kelompok. Jokowi berharap bangsa Indonesia memikirkan masa depannya bersama.

"Ini bukanlah tentang aku, atau kamu. Juga bukan tentang kami, atau mereka. Bukan soal barat atau timur. Juga bukan selatan atau utara," ucap Jokowi.

"Sekarang bukan saatnya memikirkan itu semua. Tapi ini saatnya memikirkan tentang bangsa kita bersama. Jangan pernah ragu untuk maju karena kita mampu jika kita bersatu," kata dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X