Bertemu di MRT, Jokowi-Prabowo Dinilai Tunjukkan Jiwa Egaliter dan Merakyat

Kompas.com - 13/07/2019, 16:45 WIB
Saat Jokowi dan Prabowo bersama menaiki kereta MRT dari Stasiun Lebak Bulus, Sabtu (12/7/2019). Pertemuan ini bersejarah karena menandakan rekonsiliasi di antara dua kubu yang selama ini membuat masyarakat terbelah sepanjang pemilihan presiden.Instagram Pramono Anung Saat Jokowi dan Prabowo bersama menaiki kereta MRT dari Stasiun Lebak Bulus, Sabtu (12/7/2019). Pertemuan ini bersejarah karena menandakan rekonsiliasi di antara dua kubu yang selama ini membuat masyarakat terbelah sepanjang pemilihan presiden.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Pareira melihat, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai sesuatu yang unik. Sebab, pertemuan itu dilakukan di MRT Jakarta.

Andreas menilai, kedua tokoh nasional itu ingin menunjukkan jiwa egaliter dan merakyat.

"Tempat pertemuan yang unik dan netral di stasiun MRT sebagais sarana publik menunjukkan jiwa egaliter yang merakyat kedua tokoh bangsa ini," ujar Andres kepada Kompas.com, Sabtu (13/7/2019).

Baca juga: Menurut Menhub, Ini Alasan Jokowi dan Prabowo Bertemu di MRT


Di sisi lain, lanjut Andreas, pertemuan tersebut menunjukkan sikap kenegarawanan Presiden Jokowi dan Prabowo.

Pertemuan itu sekaligus menjadi pendidikan politik bagi masyarakat.

Andreas menegaskan, Presiden Jokowi dan Prabowo ingin menunjukkan ke masyarakat agar kembali mempererat tali silaturahim pasca-Pilpres 2019.

"Pertemuan ini menunjukan sikap negarawan demokratis dua belah pihak sekaligus pendidikan politik yang baik untuk bangsa Indonesia," kata Andreas.

"Bahwa setelah kompetisi yang panas, baik Jokowi maupun Prabowo rela bertemu, berjabat tangan, ngobrol, dan makan bersama merupakan sarana untuk kembali mengeratkan tali silaturahim anak bangsa," tutur dia.

Baca juga: Prabowo: Kita Bangga Indonesia Punya MRT

Jokowi dan Prabowo bertemu di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu.

Mereka sempat berpelukan dan bersalaman. Prabowo sempat memberikan hormat kepada Presiden Jokowi.

Keduanya kompak mengenakan kemeja berwarna putih.

Baca juga: Pernyataan Lengkap Jokowi Saat Bertemu Prabowo di Stasiun MRT

Mereka sempat berbincang sebentar dan tertawa. Namun, tidak terdengar apa yang mereka bincangkan.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Prabowo sama-sama menaiki MRT ke stasiun Senayan.

Seusai memberikan pernyataan pers selama sekitar 10 menit, Jokowi dan Prabowo berjalan kaki menuju FX untuk santap siang bersama.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X