Mengenang Momen Pertemuan Jokowi-Prabowo, dari Berkuda hingga Berpelukan

Kompas.com - 13/07/2019, 09:53 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto bersama-sama memeluk atlet pencak silat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusuma di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto bersama-sama memeluk atlet pencak silat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusuma di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018).
Penulis Bayu Galih
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Usai Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019, pertemuan antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno sebagai pihak yang berkompetisi merupakan momen yang ditunggu masyarakat.

Secara khusus, masyarakat menunggu pertemuan Jokowi dengan Prabowo, karena mereka menjadi sosok yang mewakili dua kubu yang berseteru sejak Pemilu 2014.

Sejauh ini, ada sejumlah pertemuan Prabowo dengan Jokowi yang dilakukan di berbagai lokasi. Pertemuan itu ada juga yang diwarnai momen penuh haru, yang diharapkan dapat membangkitkan persatuan di masyarakat.

Apakah momen itu akan terulang dalam waktu dekat? Tentu saja masyarakat berharap dapat segera terjadi dalam waktu dekat.


Namun, ada baiknya kita mengenang momen indah saat Prabowo bertemu Jokowi. Berikut paparannya:

1. Usai Pilpres 2014

Presiden Republik Indonesia terpilih Joko Widodo mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra yang juga mantan pesaingnya dalam Pilpres lalu, Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014). Dalam pertemuan tersebut Jokowi bersilaturahmi dan mengundang Prabowo untuk menghadiri pelantikan Presiden Seni 20 Oktober mendatang.TRIBUNNEWS / DANY PERMANA Presiden Republik Indonesia terpilih Joko Widodo mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra yang juga mantan pesaingnya dalam Pilpres lalu, Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014). Dalam pertemuan tersebut Jokowi bersilaturahmi dan mengundang Prabowo untuk menghadiri pelantikan Presiden Seni 20 Oktober mendatang.
Dua calon presiden dalam Pilpres 2014 ini bertemu pada 17 Oktober 2014. Saat itu, Jokowi menemui Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pertemuan berlangsung setelah Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih. Tentu saja pertemuan itu diharapkan bisa membuat suasana di masyarakat lebih adem pasca-panasnya Pilpres 2014.

Pertemuan pun berlangsung hangat. Dua kubu yang saling berhadapan dalam pemilu itu terlihat gembira dalam tawa.

Usai pertemuan, Prabowo menegaskan bahwa pertemuan itu penting dilakukan demi persatuan nasional. Ini sesuai dengan sikap politik Prabowo yang mengutamakan keutuhan bangsa.

Baca juga: Seusai Bertemu Jokowi, Prabowo Tulis Pesan Panjang di Facebook

2. Di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Bogor, Kamis (29/1/2015)indra/kompas.com Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Bogor, Kamis (29/1/2015)
Prabowo kembali bertemu Jokowi pada 29 Januari 2015. Kali ini, Prabowo menemui Jokowi setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjabat sebagai presiden.

Pertemuan dilakukan di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan pertemuan pertama setelah Jokowi dilantik pada 20 Oktober 2014. Prabowo bersama Hatta Rajasa juga menghadiri pelantikan itu.

Momen hangat terlihat saat Jokowi menemani Prabowo menuju mobilnya setelah mereka bertemu. Keduanya terlihat akrab saat menuruni tangga Istana Bogor.

Saat bertemu Jokowi di Istana Bogor, Prabowo mengaku hanya bersilaturahmi. Prabowo tidak menjelaskan secara detail soal isi pertemuan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X