Soal Menteri Generasi Milenial, Ketua DPR: Anak Muda Pemilik Masa Depan

Kompas.com - 12/07/2019, 14:58 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKetua DPR Bambang Soesatyo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung wacana presiden terpilih Joko Widodo yang ingin mengangkat anak- anak muda sebagai menteri.

Bambang menilai, anak-anak muda layak duduk di kursi menteri karena anak-anak muda merupakan pemilik masa depan.

"Saya sepakat pada Pak Jokowi yang memiliki keinginan menteri-menterinya dari kalangan muda karena pemilik masa depan kita kan anak-anak muda," kata Bambang di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: Setuju Anak Muda Masuk Kabinet Jokowi, Nasdem Ingatkan Keterwakilan Perempuan


Bambang menuturkan, anak-anak muda boleh saja masuk ke dalam kabinet selama mempunyai keunggulan di bidangnya.

"Harapan kami, harapan DPR, kabinet mendatang harus lebih menjanjikan, dan diisi oleh anak-anak muda yang memiliki potensi luar biasa sesuai bidangnya," ujar Bambang.

Kendati demikian, Bambang menyerahkan penyusunan kabinet sepenuhnya kepada Jokowi. Ia hanya meminta agar kabinet yang disusun dapat menyempurnakan program-program yang sudah berjalan sebelumnya.

Baca juga: Habibie: Anak Muda Harus Tampil, Bukan Saat Ujian Doang

"Yang harus kita harapkan adalah bahwa program ke depan menyempurnakan apa-apa yang sudah dicapai hari ini dan menyelesaikannya," ujar Bambang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kriteria menteri yang akan mengisi kabinetnya ke depan.

Menurut Jokowi, para menteri yang mengisi kabinet baru nantinya harus memiliki kemampuan untuk mengeksekusi program secara tepat dan cepat.

Baca juga: Jokowi Ingin Menteri Muda dari Kalangan Parpol dan Profesional

Kedua, harus memiliki kemampuan manajerial. Ketiga, kabinet mendatang juga akan banyak diwarnai dengan anak-anak muda.

"Ya, bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun, kenapa tidak? Tapi dia harus mengerti manajerial, dan mampu mengeksekusi program-program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan harian Kompas, Senin (1/7/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X