TKN: Menteri Muda di Kabinet Kerja Jokowi Bisa Saja dari Non Partai

Kompas.com - 12/07/2019, 13:59 WIB
Presiden Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Senin (8/7/2019).KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Senin (8/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga mengatakan, sosok menteri muda untuk mengisi kabinet kerja Joko Widodo periode 2019-2024 tidak harus dari kalangan partai politik.

"Nggak terbatas pada partai, yang ada malah ada non partai," kata Arya saat ditemui di Batik Kuring, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Namun, Arya mengatakan, sampai saat ini belum ada arahan dari Jokowi kepada TKN untuk menyiapkan nama-nama muda untuk mengisi jabatan menteri.

"Belum ada arahan dari Jokowi mengenai partai mana dapatkan itu ( Menteri muda) atau profesional mana," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Pertimbangkan Kasus Hukum di KPK dalam Menyusun Kabinet Baru

Arya mengatakan, TKN tak pernah meminta porsi-porsi jabatan menteri muda kepada Jokowi. Menurut dia, TKN hanya ingin menteri muda memiliki pemahaman terhadap permasalahan bangsa dan memiliki kemampuan manajerial.

"Paham apa permasalahan bangsa dan kemampuan manajerial," tuturnya.

Selanjutnya, Arya tak menampik ada partai-partai yang menginginkan kadernya untuk menjadi salah satu kandidat menteri muda di kabinet kerja Jokowi ke depan.

"Tapi memang partai ada mendorong untuk masukan orang milenialnya, wajar itu. Dan Pak Jokowi akan melihat itu juga sebagai masukan," pungkasnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X