WNI Lapor Jadi Korban Pemerkosaan Politisi Malaysia, Ini Langkah Kemenlu

Kompas.com - 12/07/2019, 10:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Penulis Bayu Galih
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Politisi Malaysia yang merupakan Executive Councillor (Exco) Negara Bagian Perak di Malaysia, Paul Young, dilaporkan warga negara Indonesia atas tuduhan pemerkosaan.

Paul Young saat ini sudah ditangkap polisi atas tuduhan pemerkosaan terhadap WNI yang bekerja sebagai penata laksana rumah tangga tersebut.

Kementerian Luar Negeri RI telah mendapat akses konsuler dan menemui WNI yang jadi korban pemerkosaan itu.

Pejabat Konsuler dan Atase Polri telah bertemu Kepala Polisi Wilayah Perak di Ipoh pada Kamis (11/7/2019). Mereka juga telah bertemu WNI tersebut.

"Saat dikunjungi, kondisi fisik korban dalam keadaan baik, meskipun secara psikis mengalami trauma," ujar Pelaksana Tugas Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha melalui pesan singkat, Jumat (12/7/2019), dilansir dari Antara.

Judha menegaskan bahwa KBRI Kuala Lumpur akan terus memonitor proses penegakan hukum terhadap pelaku.

KBRI pun memberikan perlindungan agar korban merasa tenang selama proses hukum berjalan.

"Untuk memberikan ketenangan kepada korban, kami mengupayakan agar yang bersangkutan dapat tinggal di shelter KBRI Kuala Lumpur selama proses hukum berlangsung," ujar Judha.

Sebagaimana dilansir dari laman The Star, polisi menerima laporan kasus pemerkosaan ini pada Senin (8/7/2019). Dalam laporannya, korban menjelaskan bahwa upaya pemerkosaan terjadi di rumah pelaku di Meru.

P{aul Young sebelumnya juga sudah membantah tuduhan yang ditujukan kepadanya. Dia mengaku terkejut dengan tuduhan itu.

"Saya dengan tegas menyangkal tuduhan tersebut. Saya tegaskan bahwa saya tidak pernah memperkosanya atau melakukan kekerasan seksual," ucap Young, dilansir dari Malaysia Kini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X