Ganjar Pranowo Sodorkan Sebundel Berkas, Presiden Jokowi Cuma Minta Tiga

Kompas.com - 09/07/2019, 18:02 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berbincang dengan Sekda Jawa Tengah Sri Puryono (kiri) usai mengikuti rapat terbatas tentang percepatan pembangunan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). Pemerintah pusat akan mendukung dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah, seperti sektor industri yang berorientasi ekspor dan pariwisata. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berbincang dengan Sekda Jawa Tengah Sri Puryono (kiri) usai mengikuti rapat terbatas tentang percepatan pembangunan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). Pemerintah pusat akan mendukung dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah, seperti sektor industri yang berorientasi ekspor dan pariwisata. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

BOGOR, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyodorkan sebundel berkas terkait percepatan pembangunan Jawa Tengah kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Bogor, Selasa (9/7/2019).

Namun, Presiden meminta Ganjar mengajukan tiga hal saja yang menjadi prioritas.

"Pak presiden menanyakan kira-kira yang paling siap dari jateng apa. Nah kami menyampaikan satu bundel gede, banyak sekali, ada transportasi, ada 12, dan Pak Presiden menyampaikan tolong diambil tiga yang terbesar apa," kata Ganjar usai rapat.

Menurut Ganjar, Presiden hanya meminta tiga hal agar pembahasan bisa lebih fokus. Tiga hal prioritas yang ia ajukan itu yakni pengembangan kawasan industri, pengembangan kawasan pariwisata dan ketiga, penataan kawasan indsutri.


"Jadi ini konsep integrated antara Yogyakarta dan Jateng. Ini tiga hal yang kita sampaikan," kata dia.

Menurut Ganjar, Presiden sangat menyambut positif usulan yang ia ajukan. Ganjar menuturkan, Presiden menyatakan pemerintah siap untuk membantu pemda mewujudkan tiga hal yang diajukan itu.

Baca juga: Undang Ganjar ke Istana, Jokowi Gelar Rapat Percepatan Pembangunan Jawa Tengah

"Beliau sampaikan sebenarnya mbok ya seluruh urusan ini dipercepat maka mereka yang mau investasi itu ada insentif. Dan insentif rata-rata yang diminta oleh perusahaan adalah satu, tax holiday. Tapi cepet dieksekusi, jangan berteleoberte" kata Ganjar menirukan pernyataan Presiden.

Ganjar mencontohkan, salah satu bantuan yang akan diberikan pemerintah pusat adalah terkait masalah tata ruang. Dalam rapat itu, Presiden langsung memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk membantu.

"Kita bicara tadi politik tata ruang, maka Pak Menteri ATR BPN langsung merespon 'siap pak, kita hitung dari daya dukung lingkungan'," kata Ganjar.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


PenulisIhsanuddin
EditorKrisiandi
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X