Hoaks, Audrey Yu Pernah Bekerja di NASA dan Bertemu Presiden Jokowi di KTT G20

Kompas.com - 08/07/2019, 19:53 WIB
Audrey Yu Jia Hui di The College of Willliam and Mary, Virginia, Amerika Serikat. Dok. Bentang Pustaka/Nurjannah IntanAudrey Yu Jia Hui di The College of Willliam and Mary, Virginia, Amerika Serikat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Editor Bentang Pustaka Nurjannah Intan memastikan bahwa informasi yang menyebar di media sosial bahwa Audrey Yu Jia Hui pernah bekerja di badan antariksa Amerika Serikat, NASA, tidak benar.

Audrey adalah anak muda jenius yang kini bermukim di Amerika Serikat karena tengah menempuh pendidikan.

Menurut Nurjannah, yang terlibat dalam proses editing dua buku karya Audrey dan diterbitkan Bentang Pustaka, dalam biografi kedua bukunya itu tak ada disinggung soal rekam jejak Audrey bekerja di NASA.

Saya sempat heran, karena Audrey itu kan menerbitkan dua buku di Bentang Pustaka, dan di buku tersebut ia menuliskan semacam biografi, kisah hidup dia," ujar Nurjannah, saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/7/2019) petang.

Baca juga: Viral soal Audrey Yu Jia Hui, Ini Klarifikasi Lengkapnya

"Dalam biografi, dia (Audrey) sama sekali enggak ada kerja di NASA, karena passion dia ada di bidang bahasa. Dia pernah menjadi penerjemah di PBB di China juga," lanjut dia.

Bentang Pustaka pun melakukan klarifikasi langsung kepada ayah Audrey, Budi Loekito, untuk memastikan informasi itu.

Selain membantah bahwa Audrey pernah bekerja di NASA, ayah Audrey juga membantah anaknya bertemu Presiden Joko Widodo.

Bantahan atas informasi itu disampaikan ayah Audrey melalui pesan percakapan kepada Nurjannah, sebagai berikut:

"Dengan hormat,

Bersama ini, saya Budi Loekito (orangtuanya Audrey) bermaksud memberikan klarifikasi sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X