Bantu Akses ke Pejabat Krakatau Steel, Saksi Mengaku Dapat Fee dari Dirut Grand Kartech

Kompas.com - 08/07/2019, 16:39 WIB
Sidang lanjutan terdakwa terdakwa Direktur Utama PT Grand Kartech Kenneth Sutardja di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (8/7/2019) KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANSidang lanjutan terdakwa terdakwa Direktur Utama PT Grand Kartech Kenneth Sutardja di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (8/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tedja Widjaja, Direktur Graha Mahardika sekaligus sahabat terdakwa Direktur Utama PT Grand Kartech Kenneth Sutardja, mengaku mendapatkan fee dari Kenneth karena sudah dikenalkan dengan Alexander Muskitta.

Menurut Tedja, pada awalnya ia mengenalkan Alex ke Kenneth karena Alex mengaku memiliki hubungan baik dengan pejabat di PT Krakatau Steel. Tedja sendiri mengaku kenal Alex di salah satu gereja sejak tahun 2002.

"Sekitar tahun 2009, Alex bicara pada saya bahwa dia ada hubungan baik dengan Krakatau Steel dan mereka sedang mencari vendor yang bagus. Nah apakah saya bisa bantu memperkenalkan? Dan saya teringat Kenneth. Jadi saya perkenalkan Alex kepada Kenneth," kata Tedja saat bersaksi untuk Kenneth di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Saksi Mengaku Diperintah Dirut Grand Kartech Urus Tiket Pejabat Krakatau Steel ke Taiwan

Pada periode 2009-2010, Tedja mengaku pernah pergi bersama Kenneth ke Wisma Baja, kantor pusat Krakatau Steel saat itu. Menurut Tedja, hal itu berdasarkan ajakan Alex.

Di sana, ia mengaku juga bertemu dengan beberapa petinggi di Krakatau Steel. Akan tetapi ia tidak ingat siapa saja petinggi Krakatau Steel yang ditemui.

Singkat cerita, beberapa waktu kemudian, Tedja mengaku mendapat informasi bahwa perusahaan Kenneth memenangkan tender proyek.

"Saya dikasih tahu sama dua-duanya (Alex dan Kenneth), dan saat itu saya akan dikasih bagian kalau menang tender. Setelah itu saya dijanjikan dapat bagian dari keuntungan. Saya enggak ingat berapa persisnya, mungkin hampir Rp 200 (juta) ya, bertahap memang, saya dapat waktu itu," kata dia.

Baca juga: KPK Datangkan Ahli Keuangan Negara di Sidang Dana Prokespen Krakatau Steel

Menurut Tedja, proyek yang dimenangkan saat itu adalah pekerjaan pengadaan CO2 Observer di PT Krakatau Engineering.

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun menanyakan, apakah alasan pemberian uang tersebut karena sudah membantu Kenneth mempertemukan Alex yang berhubungan baik dengan pejabat di Krakatau Steel.

"Saya tidak permah meminta apa-apa sebenarnya. Tapi saya dapat dari Kenneth. Saya kira ada hubungannya dengan itu ya (memperkenalkan Kenneth dengan Alex)," ujar dia.

Baca juga: Demi Proyek, Kontraktor Biayai Pejabat Krakatau Steel Kunjungan ke Taiwan

Kenneth Sutardja didakwa menyuap Direktur Produksi dan Teknologi PT Krakatau Steel Wisnu Kuncoro. Kenneth didakwa memberikan uang Rp 101,5 juta kepada Wisnu.

Menurut jaksa, pemberian uang kepada Wisnu melalui Karunia Alexander Muskita. Adapun, pemberian uang itu dengan maksud agar Wisnu memberikan persetujuan pengadaan 2 unit boiler kapasitas 35 ton.

Proyek senilai Rp 24 miliar itu terdapat di PT Krakatau Steel atau jasa operation and maintenance terhadap seluruh boiler yang ada di Krakatau Steel pada 2019.

Baca juga: Dirut PT Tjokro Bersaudara Didakwa Menyuap Pejabat Krakatau Steel

Menurut jaksa, untuk merealisasikan keinginan dalam mendapat beberapa proyek, Kenneth memberikan uang kepada Kurnia Alexander Muskita.

Uang operasional itu sebagai biaya "entertain" bagi pejabat Krakatau Steel, yang salah satunya Wisnu Kuncoro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X