BNPB Siapkan Upacara untuk Pemakaman Sutopo

Kompas.com - 07/07/2019, 21:04 WIB
Kerabat membaca Al Quran di rumah duka Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Raffles Hils, Cimanggis,  Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Sutopo meninggal saat menjalani pengobatan kanker paru-paru di Guangzhou China, dan rencananya akan dimakamkan di Boyolali Jawa Tengah Senin (8/7/2019). ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYAKerabat membaca Al Quran di rumah duka Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Raffles Hils, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Sutopo meninggal saat menjalani pengobatan kanker paru-paru di Guangzhou China, dan rencananya akan dimakamkan di Boyolali Jawa Tengah Senin (8/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) menyiapkan upacara untuk pemakaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

Upacara pemakaman tersebut disesuaikan dengan tradisi BNPB. Staf Khusus Kepala BNPB Egy massadiah mengungkapkan upacara tersebut sedang dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Bentuknya upacaranya masih dikoordinasikan dengan BPBD setempat," ujar Egy saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).

Jenazah Sutopo tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 20.30 WIB. Kepala BNPB Letjen Doni Monardo yang akan menerimanya langsung.

Baca juga: Senin Pagi, Jenazah Sutopo Dibawa Ke Boyolali untuk Dimakamkan

"Malam ini pukul 20.30 WIB diperkirakan mendarat dengan pesawat Garuda. Sesuai dengan aturan, jenazah dari lambung pesawat akan berpindah ke terminal kargo. Dari terminal kargo akan melalui sedikit proses yaitu penyelesaian dokumen yang tidak begitu lama," papar Egy.

"Kemudian akan ada penerimaan jenazah oleh Pak Doni. Setelah itu dari kargo akan diberangkatkan dengan ambulans ke rumah duka. Tiba di rumah duka. Lalu, direncanakan besok dengan jam 05.20 WIB berangkat ke Solo. Take off," lanjut dia.

Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB, akibat penyakit kanker paru.

Baca juga: Sutopo di Mata Kerabat, Dikenal Gigih dan Bekerja Tanpa Mengenal Waktu

Sebelumnya, Sutopo juga telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit karena kanker paru-paru yang diidapnya. Ia divonis kanker paru-paru stadium 4B pada 17 Januari 2018

Semenjak vonis itu, dia masih aktif menjalani tugas-tugasnya untuk menginformasikan berita-berita kebencanaan kepada media.

Baru beberapa pekan belakangan ini, Sutopo sudah tidak aktif lagi di grup WhatsApp media selepas pamit untuk fokus berobat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X