Polisi Buru Komandan Perusuh yang Serang Asrama Brimob di Petamburan

Kompas.com - 05/07/2019, 16:21 WIB
Sejumlah mobil terbakar akibat demo rusuh di Komplek Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019).ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah mobil terbakar akibat demo rusuh di Komplek Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi memburu pelaku penyerangan Asrama Brimob di Jalan KS Tubun, Petamburan dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku yang diburu diduga merupakan provokator yang mengomandani para perusuh.

"Satu yang masih dikejar, dia yang mengomandoi para perusuh itu di lapangan," kata Dedi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Polri: Pengeroyokan Andi Bibir dan Markus Dipicu Komandan Brimob Kena Panah


Berdasarkan keterangan para saksi, kata Dedi, sosok itu memprovokasi perusuh dengan cara mengajak massa menyerang Asrama Brimob sambil meneriakkan kata-kata provokatif.

"Narasi-narasi yang diucapkan antara lain dari saksi-saksi yang menyebutkan, 'bakar', 'lempar', 'serang', itu narasi-narasi yang disebutkan," ujar Dedi.

Menurut Dedi, penangkapan terhadap provokator itu diperkirakan dapat mengungkap aktor-aktor di lapisan lebih dalam yang terlibat kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto mengatakan, sembilan orang perusuh yang menyerang Asrama Brimob ditangkap petugas.

Baca juga: Terbukti Lakukan Kekerasan pada 21-22 Mei, 10 Brimob Dijatuhi Sanksi

Asrama Brimob Petamburan menjadi sasaran amuk massa pada kerusuhan 21-22 Mei 2019. Akibat penyerangan itu, sejumlah kendaraan yang diparkir di depan asrama hangus terbakar.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X