Komnas HAM Upayakan Rilis Hasil Investigasi Kerusuhan 22 Mei Secepatnya

Kompas.com - 05/07/2019, 12:06 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) mengupayakan untuk segera merilis hasil investigasi mereka terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

"Belum dijadwal, tapi kita upayakan secepatnya," ungkap Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Sejauh ini, kata Taufan, pihaknya masih mendalami peristiwa tersebut. Banyaknya bukti menjadi kendala yang mereka alami.

Baca juga: Berbagi Data, Komnas HAM Apresiasi Polri Ungkap Investigasi Kerusuhan 21-22 Mei 2019

Ia menuturkan bahwa investigasi yang dilakukan Komnas HAM berbeda dengan yang dilakukan oleh Polri.

Komnas HAM, katanya, menginvestigasi terkait aspek hak asasi manusia dalam penanganan peristiwa tersebut. Sementara, Kepolisian mendalami dari segi penegakan hukum.

"Kami lebih menekankan kepada aspek prosedur dan standar hak asasi manusia di dalam penanganan peristiwa 21-22 Mei, sementara polisi lebih fokus kepada penyelidikan dan penyidikan perkara serta penegakan hukum kepada pelaku yang melanggar hukum pidana," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X