Mendagri Minta Pemkot Jadi Contoh Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan

Kompas.com - 03/07/2019, 17:11 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan  Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan pendapat saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di gedung parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (20/6/2019). Raker tersebut membahas RAPBN 2020 dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta pemerintah kota menjadi contoh tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik lewat Pendekatan digital.

Hal itu disampaikan Tjahjo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XIV di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2019).

"Pemerintah kota harus mampu menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien," kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Rabu (3/7/2019).

Ia berharap dengan pelayanan publik yang cepat dan efisien, akan mendukung investasi dan ekonomi, khususnya di wilayah perbatasan.

Tjahjo menyadari, pemerintah kota terus dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti tingkat urbanisasi yang tinggi serta kurangnya lapangan pekerjaan.

Namun, melalui APEKSI, ia berharap kerja sama dan sinergi dengan lembaga terkait diharapkan mampu menjawab segala tantangan yang ada.

Ia juga berharap pemerintah kota melalui Apeksi bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk membangun konektivitas agar program-program kesejahteraan masyarakat berjalan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mendagri Tegur 103 Kepala Daerah terkait ASN Korup, Ini Rinciannya

"Kami menyadari pemerintah kota dihadapkan terus pada tantangan. Konsekuensinya pemerintah kota melalui Apeksi diharapkan untuk terus membangun kerja sama yang baik, sinergi dan konektivitas khususnya dengan pemerintah provinsi dan kabupaten agar segala tantangan mampu ditangani dengan baik," papar Tjahjo.

"Semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan, dan terobosan dengan berbagai keputusan. Juga membangun solidaritas antar wali kota dan wakil wali kota sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara yang berdaulat di masa yang akan datang," lanjut dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.