KPU Siap Terima dan Laksanakan Apa Pun Putusan MK

Kompas.com - 24/06/2019, 13:14 WIB
Komisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU RI, Selasa (21/5/2019).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Komisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU RI, Selasa (21/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Viryan Azis mengatakan, KPU siap menerima apa pun putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres 2019.

Kesiapan itu termasuk jika MK mengabulkan petitum pemohon atau bahkan memerintahkan KPU melaksanakan pemungutan suara ulang.

"Apabila ada dari petitum yang dikabulkan oleh Mahkamah, KPU akan melaksanakan sesuai dengan putusan dari Mahkamah. Atau misalnya pemilu ulang atau pemilu sebagian," kata Viryan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Baca juga: Jelang Putusan MK, BPN Prabowo Kembali Imbau Pendukung Tak Gelar Aksi


Bahkan, menurut Viryan, jika Mahkamah memutuskan mengabulkan dalil pemohon soal perolehan suara hasil pilpres, KPU siap untuk menindaklanjutinya.

Adapun, menurut dalil pemohon, paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan 52 persen suara, sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 48 persen.

"Termasuk kalau keputusannya dipercepat," ujar Viryan.

Meski demikian, jika permohonan pemohon ditolak oleh Mahkamah, maka KPU akan melanjutkan tahapan selanjutnya, yaitu melakukan penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih.

Baca juga: BPN Pastikan Prabowo-Sandi Akan Hormati Apapun Putusan MK

Mahkamah Konstitusi (MK) telah selesai menggelar pemeriksaan perkara hasil pilpres melalui persidangan yang berlangsung sebanyak lima kali.

Sidang digelar sebanyak lima kali, dengan agenda pembacaan dalil pemohon, pembacaan dalil termohon dan pihak terkait, pemeriksaan saksi pemohon, termohon, serta pihak terkait.

Selanjutnya, Mahkamah akan mempelajari, melihat, meneliti alat-alat bukti serta dalil dan argumen yang telah disampaikan selama persidangan.

Menurut jadwal, MK akan memutuskan sengketa perkara pada Jumat (28/6/2019).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal Sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X