Saksi 01 Sebut Saksi Prabowo Setuju saat Pengesahan Rekap Nasional pada 21 Mei 2019

Kompas.com - 21/06/2019, 11:25 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (kedua kiri) bersama hakim konstitusi lainnya memimpin sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari termohon atau dari pihak KPU. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKetua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (kedua kiri) bersama hakim konstitusi lainnya memimpin sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari termohon atau dari pihak KPU.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saksi Chandra Irawan mengatakan bahwa saksi pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyatakan setuju saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan hasil rekapitulasi nasional pemilu 2019, pada 21 Mei 2019, waktu dini hari.

Hal itu dikatakan Chandra saat bersaksi dalam sidang sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi, Jumat (21/6/2019). Chandra dihadirkan sebagai saksi oleh tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Mereka setuju. Bahkan, saya berbincang dengan saksi 02 di sebelah saya. Kami berbisik, dia katakan, ya sudah lah supaya cepat saja," kata Chandra.

Baca juga: Prabowo Tolak Hasil Penghitungan Suara KPU, Ini Tanggapan Sandiaga


Menurut Chandra, saat itu Komisioner KPU lebih dulu meminta persetujuan kepada semua saksi calon presiden, saksi partai, dan saksi DPD. Komisioner KPU menawarkan agar hasil rekapitulasi disahkan seusai perhitungan suara provinsi pada pukul 03.00 WIB dini hari.

Adapun, rekapitulasi terakhir yang dilakukan KPU adalah rekapitulasi di Provinsi Papua. Chandra saat itu menjadi saksi bagi calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

"Seingat kami tidak ada yang protes kenapa jadi tanggal 21 Mei," kata Chandra.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X