Serap Aspirasi Sebelum Kongres, PDI-P Gelar Konferensi Tingkat Cabang

Kompas.com - 20/06/2019, 08:33 WIB
Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto di kediaman Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Kamis (9/5/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto di kediaman Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Kamis (9/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan partainya akan menggelar konferensi di tingkat kepengurusan cabang (kota dan kabupaten) dan daerah (provinsi) sebelum Kongres V dimulai.

Hasto mengatakan konferensi tersebut bertujuan menyerap aspirasi para kader partainya di level akar rumput. Dengan demikian, kata Hasto, nantinya Kongres V bisa menghasilkan keputusan yang mewakili seluruh harapan kader.

Hal itu disampaikan Hasto usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI-P di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

"Sebelum kongres akan ada konferensi cabang di tingkat kabupaten kota dan konferensi daerah di tingkat provinsi. Itu adalah menyerap proses aspirasi peserta," ujar Hasto.

Baca juga: Rakernas PDI-P Belum Bahas Ketua Harian

Hasto menambahkan, peserta konferensi di cabang menjangkau hingga pengurus di tingkat anak cabang (kecamatan). Karena itu, ia memastikan konferensi cabang akan mampu menampung aspirasi semua kader.

"Jadi pancaindra politik itu menyerap seluruh aspirasi masyarakat dan membangun kepemimpinan partai agar bersama memperebutkan masa depan untuk bangsa dan negara," lanjut dia.

PDI-P menggelar Rakernas IV untuk mempersiapkan pelaksanaan Kongres V Di Bali, Agustus mendatang.

Politisi PDI-P Pramono Anung mengatakan dalam Kongres V PDI-P, isu yang mencuat ialah rencana untuk memilih jabatan baru untuk partai.

Ia mengatakan jabatan baru itu adalah ketua harian partai dan wakil ketua umum.

"Memang ada wacana apakah nanti ada ketua harian maupun wakil ketua umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam Kongres," kata Pramono saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X