Ini Pesan Jokowi kepada Pansel soal Sosok Capim KPK

Kompas.com - 17/06/2019, 11:58 WIB
Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/6/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPanitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menitipkan satu kriteria calon Pimpinan KPK ke depan kepada para Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK.

Hal itu diungkapkan anggota Pansel, Diani Sadia Wati, usai pertemuan Pansel dengan Presiden yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6/2019) pagi.

"Presiden mengharapkan pimpinan KPK ke depan harus mempunyai apa yang namanya managerial skill yang sangat kuat," ujar Diani dalam konferensi pers di Kantor Presiden.

Baca juga: Pansel KPK Minta BNPT Cegah Calon Pimpinan Radikal

Sebab, menurut Presiden, seorang pimpinan KPK tak hanya memerlukan kemampuan investigatif saja, namun juga membutuhkan kemampuan manajerial untuk mengatur tata kelola institusi.

Pansel mengapresiasi positif masukan dari Presiden itu. Pansel sekaligus berpendapat hal yang sama bahwa pimpinan KPK juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik.

"Karena internal dan eksternal KPK ini perlu juga kita benahi," ujar Diani.

Pansel, lanjut Diani, juga mempunyai pekerjaan rumah yang besar untuk mencari sosok-sosok yang memenuhi salah satu kriteria tersebut.

Baca juga: Cegah Capim KPK Didukung Kartel Narkoba, Pansel Gandeng BNN

"Kami akan diskusi habis ini, bagaimana kita memasukkan kriteria-kriteria yang mungkin tidak hanya kemampuan investigasi, tapi juga dari sisi tadi. Karena sekali lagi, KPK akan kita benahi, baik di eksternal maupun internal," ujar Diani.

Ketua Pansel Yenti Garnasih mengatakan, masukan itu muncul ketika Presiden dan anggotanya membicarakan dinamika pencegahan dan pemberantasan korupsi terkini.

"Kami membahas berbagai permasalahan yang ada di dalam dinamika pemberantasan dan pencegahan korupsi selama empat tahun terakhir ini. Presiden sangat memahami dan mengikuti dinamika yang ada," lanjut dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X