Jokowi: Lima Tahun ke Depan Saya Tidak Memiliki Beban Apa-apa

Kompas.com - 17/06/2019, 05:58 WIB
Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Maruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Maruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Pidato tersebut menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengatakan, ia tidak memiliki beban apa pun jika ditetapkan sebagai presiden terpilih untuk pemerintahan lima tahun ke depan.

Hal itu dikatakan Jokowi saat menghadiri halalbihalal dengan Aktivis 98 di Jakarta, Minggu (16/5/2019).

"Saya dalam lima tahun ke depan insya Allah sudah tidak memiliki beban apa-apa. Jadi keputusan-keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kami kerjakan karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa," kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh pihak untuk memberikan masukan apa saja yang masih harus dikerjakan. Demikian pula hal-hal yang harus diselesaikan ke depan.

Pada kesempatan itu, Jokowi menekankan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan berbagai persoalan besar pula.

Dia menegaskan, Indonesia negara majemuk sehingga jangan pernah menganggap Indonesia kecil.

"Jangan sampai kita lupa itu," kata Jokowi. 

Ia juga meminta agar tidak ada lagi politik SARA dalam pemilu mendatang. Menurut Jokowi, politik SARA berbahaya bagi keutuhan negara.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X