VIDEO: Hoaks atau Fakta Pekan Ini, 10-14 Juni 2019

Kompas.com - 14/06/2019, 18:04 WIB
Video Hoaks Atau Fakta Pekan IniKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Video Hoaks Atau Fakta Pekan Ini

KOMPAS.com – Sejumlah informasi tidak benar masih banyak ditemui di media sosial meski berbagai pihak telah berupaya untuk memerangi peredarannya.

Pekan ini, medio 10-14 Juni 2019, beredar sejumlah hoaks atau informasi bohong yang diterima masyarakat melalui berbagai saluran, baik media sosial maupun grup percakapan. Empat di antaranya telah dikonfirmasi kepada pihak-pihak yang terkait.

Keempat hoaks ini terkait isu kerusuhan 22 Mei, CPNS, dan lain-lain.


Salah satu informasi yang ditelusuri adalah mengenai pernyataan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang mengancam polisi jika melarang melaksanakan kegiatan takbir keliling.

Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara mengonfirmasi bahwa informasi yang beredar adalah hoaks. Tak pernah ada pernyataan seperti itu dari Edy Rahmayadi.

Baca juga: [HOAKS] Edy Rahmayadi Ancam Polisi jika Larang Takbir Keliling

Baca juga: Hoaks Sepekan, Surat Penetapan Nomor Induk CPNS hingga Densus 88 Tangkap Perwira TNI

Hoaks-hoaks lainnya yang juga beredar dalam sepekan dapat Anda akses dalam video berikut:

Untuk klarifikasi hoaks, dan informasi simpang-siur lainnya, dapat Anda temukan dengan membuka laman Hoaks atau Fakta Kompas.com.

Tidak hanya mengakses informasi, di laman tersebut Anda juga bisa berperan aktif untuk melawan hoaks yang beredar di sekitar Anda dengan cara melaporkan temuan hoaks beserta bukti yang menguatkan bahwa informasi tersebut merupakan hoaks.

Baca juga: [HOAKS] Kapolri Sebut TNI Akan Tunduk pada Hukum Kepolisian

 

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X