[HOAKS] Densus 88 Tangkap Perwira TNI

Kompas.com - 14/06/2019, 12:26 WIB
Tangkapan layar mengenai isu densus 88 akan melakukan penangkapan Perwira TNIFacebook Tangkapan layar mengenai isu densus 88 akan melakukan penangkapan Perwira TNI
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Informasi yang menyebutkan Densus 88 yang akan melakukan penangkapan kepada perwira TNI aktif beredar luas di media sosial maupun grup-grup pada aplikasi percakapan.

Di media sosial Facebook, informasi ini juga diunggah di grup publik.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjend Pol Dedi Prasetyo menegaskan bahwa informasi tersebut hoaks.

Narasi yang beredar

Konten ini diunggah oleh sebuah akun di media sosial Facebook pada 9 Juni 2019.

Dari konten tersebut, disebutkan bahwa informasi penangkapan perwira TNI oleh Densus 88 berasal dari Wakil Kepala Densus 88 Brigjen Pol Martinus Hukom.

Penangkapan tersebut karena kasus rencana penembakan beberapa tokoh purnawirawan TNI.

Berikut informasi yang ditulis oleh akun tersebut:

Tangkapan layar mengenai isu densus 88 akan melakukan penangkapan Perwira TNIFacebook Tangkapan layar mengenai isu densus 88 akan melakukan penangkapan Perwira TNI
IJIN MELAPORKAN HASIL PENYADAPAN MABES POLRI tentang RENCANA DENSUS 88 UTK MELAKUKAN PENANGKAPAN PERWIRA TNI AKTIF

Kpd Yth Dansatgassus
Dari Kadensus 88.

Perihal : Rencana penangkapan beberapa Perwira TNI AD aktif terkait informasi penembakan beberapa tokoh diantaranya Jendral (purn) Hendropriyono dan Komjen (purn) Drs. Goeris Mere.

Sehub dgn reff tsb diatas diperintahkan kpd Satgasus utk :

1. Senantiasa berkoordinasi dengan Spamad dan puspomad agar tidak terjadi kesalahpahaman antar institusi. Setelah ditangkap agar segera diserahkan ke Puspomad

2. Senantiasa memberikan jukrah kpd seluruh anggota yang terlibat, utk bertindak, bertutur kata dgn menggunakan etika kesopanan mengingat dengan adanya kejadian Cilacap anggota TNI AD menjadi sensitif.

3. Khusus anggota aktif dari Kopassus dan Taipur Kostrad agar penangkapan dilaksanakan diluar Ksatrian mereka untuk mencegah bentrok jiwa korsa. Utamakan bujukan secara persuasif.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X