Kominfo Batasi Akses Medsos Hari Ini, jika Ada Peningkatan Hoaks

Kompas.com - 14/06/2019, 09:14 WIB
Ilustrasi REUTERS/ Dado RuvicIlustrasi

KOMPAS.com - Jelang sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Kementerian Komunikasi dan Informarika ( Kominfo) akan membuka peluang membatasi penggunaan aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial guna menekan penyebaran hoaks pada Jumat (14/6/2019).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ferdinandus Setu menyampaikan bahwa pihaknya berharap tidak akan melakukan pembatasan terhadap media sosial.

"Kami berharap tidak akan dilakukan pembatasan atau pelambatan medsos selama sidang MK. Langkah pelambatan atau pembatasan medsos hanya dilakukan bila terjadi peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan di medsos," ujar Ferdinandus melalui pesan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat (14/6/2019).

Baca juga: Wiranto: Kalau Tak Ada Kegiatan Ekstrem di Medsos, Tak Ada Pembatasan

Ia pun mengungkapkan bahwa dari pantauan pihak Kominfo, belum ada peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan di media sosial dan WhatsApp.

"Dan sejauh pemantauan Kominfo pagi ini, belum ada peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan," ujar Ferdinandus.

Sementara, Kominfo akan membatasi akses ke media sosial jika penyebaran pesan yang tergolong hasutan meningkat dan disertai adanya kejadian yang membahayakan NKRI.

Baca juga: Kominfo Bisa Kembali Batasi WhatsApp dkk saat Sidang MK Besok

Dalam pembatasan, Kominfo nantinya akan membatasi sejumlah fitur pada media sosial dan layanan chat WhatsApp, seperti mengirim dan menerima gambar, namun tidak memblokir sepenuhnya.

Selain itu, Ferdinandus juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan VPN, karena berisiko terhadap data pribadi pengguna smartphone.

Diketahui, MK akan menggelar sidang perdana untuk memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohononan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela) pada Jumat (14/6/2019).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X