Tiket KA Keberangkatan 1 Agustus dan Setelahnya Baru Bisa Dibeli pada 1 Juli, Ini Penjelasan KAI

Kompas.com - 12/06/2019, 18:11 WIB
Sejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu. Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia ( PT KAI) sementara ini belum bisa melayani pembelian tiket kereta api untuk tanggal keberangkatan 1 Agustus 2019 dan setelahnya. Hal ini karena PT KAI tengah melakukan perbaikan sistem.

Dengan adanya perbaikan ini, pemesanan tiket kereta api jarak jauh dan jarak menengah untuk keberangkatan 1 Agustus dan setelahnya belum dapat dilakukan di seluruh channel pemesanan, termasuk secara online melalui aplikasi KAI Access.

Pembelian untuk tanggal keberangkatan itu baru bisa dilayani pada 1 Juli 2019.

"Pembelian tiket kereta (keberangkatan 1 Agustus dan seterusnya) baru bisa dilayani mulai 1 Juli 2019," kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto  Supriyanto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/6/2019) sore.

Secara terpisah, VP Public Relations PT KAI Edy Kuswoyo menyampaikan, perbaikan sistem juga berimbas pada proses pembatalan tiket.

"Proses pembatalan tiket pada tanggal 1-31 Juli 2019 hanya bisa dilakukan secara manual di loket stasiun pembatalan," ujar Edy.

Pengembalian biaya pembatalan tiket (refund) juga hanya dapat dilakukan secara tunai, 30 hari setelah tiket dibatalkan, di stasiun pembatalan tersebut.

Sementara itu, terkait penggantian jadwal keberangkatan kereta (reschedule) dengan tanggal keberangkatan 1 Agustus 2019 dan seterusnya hanya dapat dilakukan di loket stasiun.

"KAI menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanannya," kata Edy.

KA LOKAL

Edy menambahkan, informasi lainnya, mulai 28 Mei 2019, calon penumpang dapat memesan tiket KA Lokal melalui KAI Access berjumlah maksimal 4 tiket. Sebelumnya hanya dapat memesan 1 tiket saja.

Calon penumpang dapat memperbarui aplikasi KAI Access di gawai masing-masing jika ingin menikmati fasilitas baru tersebut.




Close Ads X