Bahas Pencegahan Korupsi, Mendagri Ajak Tiga Kepala Daerah ke KPK

Kompas.com - 12/06/2019, 13:15 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak tiga kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2018 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (12/6/2019).DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak tiga kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2018 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (12/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak tiga pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2018 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Salah satu pasangan yang diajak adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim.

Arinal dan Chusnunia baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo untuk masa jabatan 2019-2024. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang.

"Hari ini adalah pelantikan Gubernur terakhir hasil Pilkada yaitu Lampung. Seperti biasa setelah dilantik kan kita ajak ke KPK untuk berdiskusi dan berdialog yang berkaitan strategi pencegahan korupsi dan hal-hal yang apa mungkin ada masukan dari KPK," kata Tjahjo saat tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jokowi Minta Gubernur Lampung Back Up Jakarta

Selain itu, kata Tjahjo, KPK mengajak dua pasangan kepala daerah terpilih lainnya yang sudah dilantik, yaitu dari Maluku dan Maluku Utara.

Tjahjo mengajak Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Barnabas Orno. Kemudian, Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba serta Al Yasin Ali.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Arinal-Chusnunia sebagai Gubernur dan Wagub Lampung

"Karena kemarin hari (pelantikan) berbeda antara Maluku dan Maluku Utara maka harinya (kunjungan ke KPK) digabung. Selesai sudah semua Gubernur dan yang sudah dilantik, langsung dibawa ke KPK, berdialog, berdiskusi," kata dia.

Tjahjo ingin seluruh kepala daerah di Indonesia memiliki visi yang sama dalam pencegahan korupsi di setiap daerahnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X