Kompas.com - 09/06/2019, 22:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana untuk menggelar pertemuan dengan sejumlah pengacara yang tergabung dalam tim hukum KPU, Senin (10/6/2019) besok.

Pertemuan itu dalam rangka persiapan sidang sengketa hasil pemilu yang diajukan oleh ratusan peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Senin besok kami akan koordinasi. Tapi kalau dari tim kuasa hukum sih ya sudah koordinasi dari kemarin-kemarin, koordinasi terus dalam rangka persiapan," kata Ketua Tim Hukum KPU Ali Nurdin, hari Minggu ini.

Baca juga: KPU RI Undang Seluruh KPU Provinsi Persiapkan Materi Sidang di MK

Ali menyebutkan, pihaknya terus menyiapkan dokumen dan data yang diperlukan untuk menghadapi gugatan di persidangan. Dokumen yang disiapkan juga dihimpun dari KPU provinsi yang terdapat sengketa.

Seandainya ada perbaikan dokumen permohonan gugatan dari peserta pemilu, Ali menyatakan, pihaknya harus lebih dulu mengecek dan mempelajari poin-poin yang diperbaiki.

"Kami baca dulu perbaikannya apakah sesuai dengan regulasi atau tidak perbaikannya, kemudian apa isinya," ujar dia.

Berdasarkan informasi dari situs mkri.id, permohonan gugatan untuk pemilihan DPR dan DPRD yang diterima MK ada sebanyak 323. Sedangkan gugatan untuk pemilihan anggota DPD ada 10 gugatan, dan pemilihan presiden dan wakil presiden 1 gugatan.

Dengan demikian, jumlahnya ada 334 permohonan gugatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.