Pemudik yang Gunakan Jalan Tol Meningkat 63,5 Persen

Kompas.com - 09/06/2019, 19:27 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Bawen di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Bawen di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terjadi peningkatan pergerakan masyarakat melalui jalan tol dalam arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 dibandingkan pada Lebaran tahun lalu. Angka kenaikan itu mengacu pada data H+2 Lebaran.

“Peningkatan sebesar 63,5 persen yaitu 451.104 kendaraan,” kata Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Imran Rasyid, di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (9/5/2019).

Kemenhub mencatat, kenaikan terbesar terjadi pada pergerakan keluar melalui gerbang tol Cikampek Utama, yaitu sebesar 214 persen.

Baca juga: Jasa Marga: Pengguna Tol Trans-Jawa Meningkat 226 Persen

Hal itu diklaim sebagai bukti antusiasme masyarakat menggunakan jalan tol Trans-Jawa.

“Ini merupakan dampak positif dioperasikannya jalan tol Trans-Jawa sebagai jalur alternatif selain Pantura (pantai utara) dan Pansela (pantai selatan) yang pernah menjadi preferensi utama di tahun-tahun sebelumnya,” ujar Imran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X