Pintu Masuk Tol Cikampek Kemungkinan Ditutup jika Kendaraan Menumpuk

Kompas.com - 09/06/2019, 16:57 WIB
Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan membuka kemungkinan dilakukannya penyekatan arus lalu lintas di bagian hulu atau pintu masuk arus balik menuju Jakarta.

Hal ini bakal dilakukan jika arus lalu lintas sangat padat dan menyebabkan kemacetan parah.

"Kalau misalnya kondisi belum clear, itu mungkin dari hulunya akan disekat. Mungkin tidak semua kendaraan bisa masuk tol," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub, Sugihardjo, di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2019).

Jika penyekatan arus lalu lintas dilakukan, maka kendaraan yang akan melintas menuju Jakarta akan dialihkan melalui jalur Pantai Utara (Pantura).


Penerapan sistem ini pun bakal dilakukan sebelum kepadatan lalu lintas "terkunci".

"Kan dalam traffic kalau dia (arus lalu lintas) sudah ngikat, itu mencairkannya susah. Jadi sebenarnya locking, sebelum stuck itu harus ada pengendalian supaya bebannya tidak makin menumpuk," ujar Sugihardjo.

Namun demikian, diberlakukannya sistem ini mengacu pada pantauan kepadatan arus lalu lintas.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X