Arus Balik Padat, Pengendara Bus dan Mobil Jarak Dekat Diimbau Lewat Jalur Normal

Kompas.com - 09/06/2019, 12:23 WIB
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019). ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZARPetugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga H+3 Lebaran, Minggu (9/6/2019), sistem satu arah atau one way masih diberlakukan di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan untuk arus balik dari KM 414 Kalikangkung menuju KM 29 jalan tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 08.24 WIB.

"Pemberlakuan one way H+3 Lebaran yang merupakan hari libur terakhir sebelum jadwal aktivitas normal kembali pada tanggal 10 Juni 2019 ini diharapkan dapat mencairkan volume lalu lintas yang meningkat signifikan dari arah timur menuju Jakarta," kata Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2019).

Baca juga: Arus Balik Padat, One Way 385 Kilometer Dimajukan

Menurut Ira, pemberlakuan sistem one way dilakukan lebih awal dari rencana sebelumnya yaitu pukul 12.00 WIB.

Bagi pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek yang menuju ke arah timur seperti Cikampek atau Bandung, maksimal dapat keluar di akses tol Cikarang Barat. Selanjutnya, mereka dapat menggunakan jalan nasional atau jalur Pantura.

"Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non-golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal," ujar Irra.

Baca juga: One Way Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang hingga Pukul 24.00

Ia juga mengimbau supaya seluruh pengguna jalan tetap berhati-hati dalam berkendara dan memperhatikan rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

"Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," katanya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X