H+2 Lebaran, Belum Ada Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Kompas.com - 07/06/2019, 14:30 WIB
Sejumlah pemudik dengan tujuan Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung berjalan menuju kapal laut KM Srikandi Line di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera diprediksi akan terus bertambah hingga 1 Juni 2019.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Sejumlah pemudik dengan tujuan Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung berjalan menuju kapal laut KM Srikandi Line di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan ke sejumlah kota di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera diprediksi akan terus bertambah hingga 1 Juni 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan RI meninjau Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk mengetahui kesiapan dan pelayanan pelabuhan setempat dalam menghadapi arus balik 2019.

"Peninjauan ini merupakan instruksi dari pimpinan yang dimulai sejak 30 Mei hingga 9 Juni di sejumlah titik," kata Auditor Madya Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan RI Ambar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (7/6/2019), dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, saat melakukan tinjauan di Pelabuhan Tanjung Priok, belum ada ditemukan kendala. Apalagi, hingga H+2 Lebaran, belum ada satu pun kapal yang masuk ke pelabuhan tersebut.

Namun, lanjut dia, jika ada kendala di lapangan petugas posko terpadu diminta segera berkoordinasi dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan RI.


Baca juga: Akhir Pekan Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik

Selain melakukan tinjauan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Terminal Pulo Gebang, Kalideres, Kampung Rambutan, Senen dan Gambir juga akan dikunjungi oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan RI.

"Semua lokasi itu kita kunjungi untuk memantau informasi terbaru arus balik," ucapnya.

Sementara itu, koordinator posko terpadu Kementerian Perhubungan Hotma P.M, mengatakan puncak arus balik diperkirakan antara 10 hingga 15 Juni 2019.

"Perkiraan kami puncak arus balik pada tanggal itu, namun bisa saja berubah," tuturnya.

Baca juga: Arus Balik Jumat Ini, 62.379 Kendaraan Diperkirakan Masuki Jakarta

Pada hari pertama arus balik atau"H+2 Lebaran, kata dia, belum ada satu pun jadwal kedatangan kapal PT Pelni maupun Kapal Ro-Ro ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kedatangan kapal pertama yaitu KM Dobonsolo rute keberangkatan Semarang-Pelabuhan Tanjung Priok dijadwalkan tiba di pelabuhan setempat pada Minggu (9/6/2019).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X