Ombudsman Soroti Fasilitas Sel Polsek Cempaka Putih saat Sidak Dadakan

Kompas.com - 07/06/2019, 12:55 WIB
Anggota ORI, Adrianus Meliala, saat meninjau Polsek Cempaka Putih, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2019).  CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comAnggota ORI, Adrianus Meliala, saat meninjau Polsek Cempaka Putih, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombusdman RI (ORI) melakukan pemantauan terhadap sejumlah lembaga pelayanan umum pada hari ketiga lebaran. Pemantauan dilakukan mulai dari rutan, rumah sakit, kantor polisi serta kantor pelayanan umum lainnya.

Salah satu tempat yang didatangi pada Jumat (7/6) pagi, yaitu Kantor Polsek Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Ombusdman tiba di Kantor Polsek Cempaka Putih Sekira Pukul 10.13 WIB. Tim pemantau langsung mengecek sejumlah fasilitas atau kelengkapan kantor, mulai dari papan informasi sampai keadaan sel tahanan.

Baca juga: Ombudsman Sayangkan Dokter PNS Puskesmas Setiabudi Cuti Libur Lebaran

Sebelum melakukan pengecekan, anggota ORI, Adrianus Meliala, sempat menelepon Kepala Polsek Cempaka Putih Rosiana yang saat itu tidak berada di kantor. Adrianus pun kemudian meminta Kapolsek Rosiana untuk datang ke kantor.

Sembari menunggu Kapolsek, Ombudsman menyorot kurangnya kelayakan bangunan kantor Polsek Cempaka Putih.

“Tadi kita sudah lihat secara cepat mengenai situasi kantor kemudian juga situasi tahanannya ada kesan kami, dari segi kualitas bangunan sudah agak rusak. Jadi mungkin bisa menjadi perhatian bagi jajaran polsek untuk mengusulkan pada polres dan ke jajaran atas untuk memperbaiki,” ungkap Adrianus.

Baca juga: Tak Diizinkan Masuk, Ombudsman Batal Tinjau Rutan KPK Saat Lebaran

Selain itu, Adrianus juga menyorot keadaan sel tahanan yang kurang cahaya. Menurutnya hal itu perlu diperhatikan sebab merupakan faktor kesehatan tahanan.

“Terkait dengan tahanan khususnya ruang tahanan memang kami lihat agak sedikit kurang cahaya, hal mana akan mempengaruhi kesehatan mereka. Ketika ketika mereka kurang cahaya, kurang olahraga, gizi juga kurang, maka itu akan mengakibatkan mereka mudah sakit dan ketika sakit ujung-ujungnya yang pusing adalah jajaran polsek,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ombusdman melakukan sidak secara serentak di seluruh Indonesia guna memantau kesiapan setiap lembaga dalam melayani publik.

Baca juga: Ombudsman: Pemerintah Lamban Antisipasi Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Hasil pemantauan itu nantinya akan disampaikan dalam bentuk saran kepada penanggung jawab lembaga terkait, sebagai bahan evaluasi.

“Nanti itu kami panggil dulu instansinya, jadi mereka dengar hasil kami dari seluruh Indonesia,” tutur Adrianus.

Sebelum ke Polsek Cempaka Putih, rombongan pemantau juga sudah datangi Rutan KPK dan Puskesmas Setia Budi. Selanjutnya, Ombusdman bergerak meninjau Rutan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X