Menhub Bersyukur Banyak yang Bilang Arus Mudik 2019 Lancar

Kompas.com - 05/06/2019, 10:38 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (paling kanan) menyampaikan kondisi arus mudik Lebaran 2019 dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (paling kanan) menyampaikan kondisi arus mudik Lebaran 2019 dalam jumpa pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersyukur bahwa banyak pemudik yang mengatakan arus mudik Lebaran tahun 2019 ini berjalan lancar.

"Iya saya bersyukur atas itu," ujar Budi Karya di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Menurut Budi, pemudik selayaknya mengucap terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, bukan kepada dirinya. Sebab, atas fokus kinerja Presiden membangun infrastruktur, masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman mendapatkan manfaat positif.

"Saya juga ikut berterima kasih kepada Bapak Presiden yang sudah membangun jalan tol luar biasa sehingga memudahkan masyarakat yang beraktivitas mudik," ujar Budi.

Baca juga: Kemenhub Perkirakan 8-9 Juni 2019 Puncak Arus Balik Mudik Lebaran

"Tanpa jalan tol seperti itu, masyarakat pasti ya akan lebih sulit," lanjut dia.

Perjalanan mudik Lebaran kali ini relatif lebih lancar dan tidak ada titik kemacetan panjang dibandingkan dengan mudik di tahun-tahun sebelumnya.

Selain lebih lancar, pada mudik 2019 ini angka kecelakaan lalu lintas menurun sangat drastis.

Untuk menciptakan kondisi seperti ini, terdapat beberapa faktor yang berperan besar mengurai kemacetan dan menekan angka kecelakaan.

Di antaranya, aktifnya tim pengurai kemacetan, pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas, hingga pemerintah yang menerbitkan kebijakan libur panjang.

Baca juga: PDI-P Apresiasi Jokowi-JK atas Kelancaran Mudik Lebaran 2019

Jumlah angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik 2019 turun hingga 88 persen. Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Senin lalu.

"Seputar data kecelakaan dibandingkan data tahun 2018 di hari yang sama, menurun tajam. Selama 2019 ini yang tercatat kecelakaan sejumlah 220 kasus dengan korban meninggal dunia 90 orang. Ini terjadi penurunan tajam sampai 88 persen," ucap Budi.

Pada tahun sebelumnya, jumlah kecelakaan saat mudik Lebaran mencapai 1.911 kejadian dan menelan 690 korban jiwa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X