Kemenhub Waspadai Tingginya Risiko Kecelakaan Lalu Lintas ke Daerah Wisata

Kompas.com - 03/06/2019, 17:26 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kemenhub, Jakarta, Senin (3/6/2019). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kemenhub, Jakarta, Senin (3/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan bersama pihak-pihak terkait mewaspadai tingginya risiko kecelakaan lalu lintas menuju daerah-daerah wisata.

Menurut Budi, setelah hari Lebaran, risiko itu bisa meningkat karena banyaknya bus yang mengangkut penumpang menuju kawasan wisata tertentu.

"Kita tidak boleh underestimate karena ke depan ini masih ada Hari Raya Idul Fitri. Biasanya setelah itu banyak sekali bus-bus berwisata dan justru potensi kecelakaannya tinggi," kata Budi di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kemenhub, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Baca juga: Kemenhub Nilai Masyarakat Semakin Menyadari Pentingnya Keselamatan Saat Mudik

Budi menjelaskan, biasanya kecelakaan bus itu terjadi karena pihak penyedia jasa angkutan kurang memerhatikan kelaikan bus tersebut.

Oleh karena itu, ia meminta kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat menjaga konsistensi penegakan hukum.

"Saya minta kepada Kapolres dan Dishub melakukan law enforcement terhadap bus-bus yang beroperasi, karena nanti bahaya sekali (jika bus wisata tidak laik jalan)," kata Budi.

Baca juga: Kemenhub: Arus Mudik di Jalan Non-Tol Turun Drastis

Di satu sisi, ia berharap kepolisian dan Dinas Perhubungan juga memastikan akses menuju daerah wisata merupakan jalur yang aman dilalui bus-bus.

"Dan juga melakukan perencanaan rute-rute kunjungan ke daerah wisata. Jangan sampai rute yang bukan merupakan rute bus besar malah dugunakan. Dan juga kalau memang diidentifikasi ada bahaya tertentu seyogyanya jangan dibuka (rutenya)," kata Budi.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X