Kompas.com - 02/06/2019, 09:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Makam Ani Yudhoyono, istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono telah disiapkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Pusaranya terletak di dekat makam para purnawirawan TNI dan mantan menteri.

Pantauan Kompas.com, makam Ani berada di dekat makam istri Presiden ketiga BJ Habibie, Ainun Habibie. Kemudian, ada juga makam Ketua Dewan Pertimbangan Presiden era SBY Ali Alatas, mantan KASAU Marsekal TNI (Purn) Mochamad Saleh Basarah, mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Jenderal (Purn) Poniman Bin Kertowijoyo, mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Widjojo Nitisastro, mantan Menko Polkam Surono, dan mantan Menristekdikti Zuhal.

Baca juga: Kata Jaya Suprana, Kebaikan adalah Salah Satu Warisan yang Ditinggalkan Ani Yudhoyono

 

Di sekitar makam Ani, tenda berwarna merah dan putih sudah berdiri. Karpet merah juga sudah digelar di sekitar makam Ibu Negara 2004-2014 itu.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazarudin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tempat untuk keluarga dan tamu yang ingin melayat.

"Kami  siapkan 300 kursi. Kami bagi-bagi kursi untuk pelayat, kursi untuk keluarga, dan untuk pasukan juga kami siapkan," ujar Nazarudin.

Jenazah Ani Yudhoyono disemayamkan di kediaman keluarga Yudhoyono di Puri Cikeas, Cibubur. Sekitar pukul 12.30 WIB, jenazah akan dibawa ke TMP Kalibata untuk dimakamkan.

Baca juga: Kisah Kasih SBY-Ani Yudhoyono: Saat Jantung Berdegup Kencang dan Pipi Merah Tersipu Malu...

Adapun, Ani Yudhoyono wafat pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 di National University Hospital Singapura. Ani wafat setelah menjalani perawatan intensif di Ruang ICU sejak Rabu (29/5/2019) lalu.

Putri dari mantan Pangdam Cenderawasih Sarwo Edhie Wibowo itu divonis mengidap kanker darah empat bulan lalu.

Sejak itu, dia menjalani perawatan di Singapura. Kondisinya sempat membaik dan diperkenankan keluar rumah sakit selama tiga hari. Namun setelah itu, kondisi Ani memburuk hingga harus dirawat di ruang ICU hingga dinyatakan meninggal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.