Ini Rencana Prosesi Penyambutan Jenazah Ani Yudhoyono di Pangkalan TNI AU

Kompas.com - 01/06/2019, 20:36 WIB
Putra Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono memanggul keranda jenazah Ibunda untuk dimandikan di KBRI Singapura, Sabtu (1/6/2019). Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono tutup usia karena kanker darah saat menjalani perawatan di Singapura. ANTARA FOTO/NAIMPutra Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono memanggul keranda jenazah Ibunda untuk dimandikan di KBRI Singapura, Sabtu (1/6/2019). Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono tutup usia karena kanker darah saat menjalani perawatan di Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan penyambutan jenazah Ani Yudhoyono, istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah dipersiapkan di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019) malam.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto menjelaskan, ketika jenazah tiba, ada upacara penerimaan yang berlangsung sekitar 15 menit.

"Nanti proses upacara penerimaan jenazah 15 menit. Untuk saat ini, kira-kira pesawat sampai jam 10 malam karena baru berangkat dari Singapura jam sembilan (waktu setempat)," ujar Fajar.

Dia menyebutkan, saat pesawat Hercules C-130 mendarat di Halim, seluruh anggota keluarga SBY akan keluar terlebih dahulu dari pesawat.

"Lalu jenazah keluar dari pintu belakang, ketika keluar, akan diusung oleh para pasukan tiga matra. Dari situlah dimulai upacara," terangnya.

Fajar menambahkan, peti jenazah akan ditutup dengan bendera Merah Putih. Peti lalu akan melewati para pasukan khusus TNI AD, AU, AL, pasukan pengamanan presiden (Paspampres), dan Polri.

Para pasukan akan memberikan penghormatan kala jenazah melewati mereka hingga masuk mobil ambulans.

"Dari ambulans baru dibawa ke tempat persemayaman," imbuhnya.

Jenazah akan dibawa kediamanan di Puri Cikeas, Bogor, untuk disemayamkan.

Rencananya, almarhumah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, pada Minggu sore.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X