Jelang Lebaran, KLHK Ingatkan Pemudik soal Sampah Plastik dan Makanan

Kompas.com - 29/05/2019, 11:47 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Instagram: Kementerian LHKKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

KOMPAS.com - Memasuki musim libur panjang, beberapa orang sudah mulai mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri pada 5-6 Juni 2019.

Melihat momentum mudik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) memberikan imbauan kepada pemudik agar tidak membuang sampah plastik sembarangan dalam perjalanan ke kampung halaman.

"Bagi yang membawa makanan olahan sendiri, bawa makanan secukupnya, dan sebaiknya habiskan yang dibawa. Dengan ini kita mampu mengurangi sampah makanan selama bulan Ramadhan," ujar Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono saat dihubungi Kompas.com Selasa (28/5/2019).


Menurut Djati, hal ini bisa mengurangi timbunan sampah yang terjadi ketika mudik Lebaran 2019.

Diketahui, sampah di Indonesia paling tinggi ada di sampah sisa makanan, yakni 44 persen dalam komposisi sampah nasional sepanjang 2018.

Baca juga: [VIDEO] Tips Mudik, Berkendara dengan Motor Pribadi

Kemudian, plastik sebesar 15 persen menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia. Adapun, sisa rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah plastik, yakni sebanyak 62 persen.

"Oleh karena itu, bagi yang mau mudik, coba pikirkan lagi, berapa timbunan sampah yang akan terjadi," ujar Djati.

Secara nasional, bank sampah memberikan kontribusi terhadap pengurangan sampah nasional sebesar 1,7 persen atau 1.389.522 ton sampah per tahun.

Selain itu, pihak KLHK mengajak kepada pemudik untuk mengurangi kemasan sekali pakai.

"Untuk mendukung pelaksanaan mudik tanpa sampah, kami mengimbau dan mengajak masyarakat untuk memakai peralatan makan dan minum yang dapat dipakai ulang, serta menghindari peralatan/wadah sekali pakai," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) KLHK, Karliansyah saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (28/5/2019).

Untuk tips mudik tanpa sampah plastik bisa disimak selengkapnya pada akun Instagram resmi KLHK, @kementerianlhk yang diunggah pada Minggu (26/5/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X