Kepada Jokowi, Syamsuri Bercerita Bahagianya Menang MTQ Internasional dan Dipeluk Erdogan

Kompas.com - 28/05/2019, 20:02 WIB
Juara MTQ Internasional ke-7 Syamsuri Firdaus saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/5/2019). Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat PresidenJuara MTQ Internasional ke-7 Syamsuri Firdaus saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Syamsuri Firdaus bersemangat sekali ketika menceritakan dirinya dipeluk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada Presiden Joko Widodo.

Momen itu terjadi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/5/2019) siang, saat Syamsuri yang merupakan juara Musabaqah Tilawatil Quran Internasional ke-7 di Istanbul, Turki itu, bersilaturahim dengan Presiden Jokowi.

Awalnya, Presiden Jokowi bertanya kepada Syamsuri tentang momen saat Erdogan memberikan ucapan selamat kepada Syamsuri di atas panggung.

Menurut Syamsuri, Erdogan saat itu bertanya kepada dirinya, bagaimana ia belajar menjadi qari dengan suara yang tinggi, namun tetap indah didengar.

Baca juga: Mahasiswa UI Anak Buruh Tani Juara 1 MTQ Internasional di Turki

"Saya menjawab, alhamdulillah. Ini adalah nikmat Allah," ujar Syamsuri mengenang cerita itu ke wartawan.

"Habis itu dia (Erdogan) peluk saya dan alhamulilah, saya merasa terharu, sedih dan campur bahagia. Memang luar biasa," lanjut dia.

Pertemuan pria asal Nusa Tenggara Barat dengan Presiden Jokowi sendiri dilakukan di Istana Merdeka, Selasa pukul 12.50 WIB. Syamsuri diterima Presiden Jokowi di ruang kerjanya.

Syamsuri tampak mengenakan baju gamis biru lengkap dengan peci merah putih. Peci itu adalah peci yang ia kenakan saat memenangkan juara MTQ Internasional di Turki.

Dalam pertemuan itu, Syamsuri didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin. Sementara itu Jokowi tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca juga: Juara MTQ Internasional asal Bima Diberi Hadiah Umrah dan Uang Rp 25 Juta

Presiden Jokowi pun berpesan kepada Syamsuri agar ia tetap bersemangat sekaligus bersungguh-sungguh dalam menjadi qari.

"Untuk teman-teman MTQ, yang berjuang dalam mendekatkan diri dengan Alquran, yang senantiasa berinteraksi dengan Alquran, tetap semangat dan berjuang dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan dan mensyiarkan Alquran untuk memotivasi generasi penerus bangsa," ujar Syamsuri.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga memberikan hadiah kepada Syamsuri berupa uang tunai.

"Insya Allah hadiahnya saya pergunakan untuk memberangkatkan haji kedua orangtua," ujar Syamsuri.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X