Komnas HAM Dukung Kepolisian Ungkap Fakta di Balik Kerusuhan 22 Mei

Kompas.com - 27/05/2019, 20:04 WIB
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik (dua dari kiri) di kantor Komnas HAM Jakarta Senin (27/5/2019). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comKetua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik (dua dari kiri) di kantor Komnas HAM Jakarta Senin (27/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mendukung kepolisian mengungkap secara terang berbagai fakta di balik kerusuhan yang terjadi di Jakarta pada 21-22 Mei 2019.

"Untuk mengungkap itu yang paling punya wewenang itu kan polisi. Makanya Komnas juga menyatakan sangat mendukung langkah-langkah penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan polisi," kata dia di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Menurut Taufan, pihak Kepolisian juga berencana melibatkan Komnas HAM dalam penanganan peristiwa kerusuhan itu. Taufan mengungkapkan, Komnas HAM juga sedang membentuk tim yang akan berkoordinasi secara instensif dengan tim Kepolisian.

Baca juga: Ini Tiga Kelompok Penunggang Gelap Aksi 22 Mei yang Berhasil Diungkap Polri

"Kami sangat mendukung tim Kepolisian. Dengan undang-undang (nomor) 39 (UU Komnas HAM) yang kami miliki, kami ini tidak mungkin tergabung dengan tim polisi, kita berada di luar tim yang berdiri sendiri tapi tentu kita akan berkoordinasi dengan Kepolisian," ujarnya.

Komnas HAM juga akan mengkaji lebih lanjut peristiwa kerusuhan itu. Hal ini nantinya guna menghadirkan pemahaman utuh soal kerusuhan sekaligus menentukan langkah strategis untuk mencegah kerusuhan serupa terulang.

"Kerja masing-masing kita akan sering mungkin koordinasi berbagi informasi dan lain-lain. Termasuk dengan komisi lain seperti Komisi Perempuan, KPAI, Ombudsman LPSK. Mereka juga punya langkah sendiri. Kita akan punya jejaring untuk berkoordinasi dengan yang lain," kata dia.

"Tujuannya membuka seluruh misteri dari fenomena ini supaya jelas. Mari kita sama-sama membuka ini dan mengawasi pengungkapan ini," pungkasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X