Wiranto: Hormat Saya ke Prabowo jika Bisa Kontrol Pendukungnya

Kompas.com - 24/05/2019, 10:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memberikan keterangan pers tentang situasi keamanan terkait penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Wiranto mengatakan terdapat rencana inskonstitusional dalam agenda aksi unjuk rasa pada Rabu (22/5/2019) untuk menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz.
ANTARA FOTO/Aprillio AkbarMenteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memberikan keterangan pers tentang situasi keamanan terkait penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Wiranto mengatakan terdapat rencana inskonstitusional dalam agenda aksi unjuk rasa pada Rabu (22/5/2019) untuk menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan  Wiranto berharap seruan calon presiden  Prabowo Subianto untuk menghindari kekerasan dan taat hukum bisa didengar oleh para pendukungnya.

"Kalau itu dilaksanakan, saya hormat betul kepada beliau," kata Wiranto dalam sebuah video yang dirilis tim media Kemenko Polhukam, Jumat (24/5/2019) pagi.

Dalam video yang diambil saat sahur Jumat dini hari itu, Wiranto tengah berbincang dengan sejumlah orang. Mantan Panglima ABRI itu ditanya soal imbauan Prabowo kepada para pendukungnya.

Baca juga: Maruf Amin: Kita Senang Prabowo Tempuh Jalur MK, Tak Ada Lagi Protes di Jalanan

 

Wiranto memuji imbauan yang disampaikan Prabowo itu sejalan dengan pesan persatuan yang sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo.

Ia juga sepakat dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudoyono yang menyebut bahwa nama Prabowo bisa tercatat secara baik dalam sejarah demokrasi Indonesia.

"Namun, kita lihat nanti kalau seandainya masih ada niatan dari para pendukungnya, pengikutnya, untuk melakukan aksi-aksi yang anarkis, seperti yang terjadi kemarin itu, yang paling bertanggung jawab untuk menghentikan itu hanya sang pemimpin, Pak Prabowo sendiri," ujar Wiranto.

Baca juga: Sebar Video Provokasi, Koordinator Relawan Prabowo–Sandi Aceh Terancam 10 Tahun Penjara

 

"Tentu kita mengharapkan bahwa para pengikut beliau, pendukung beliau, ya mematuhi apa yang diinstruksikan Pak Prabowo. Karena itu, akan membangun suatu suasana yang damai suasana tenang, terutama di bulan suci Ramadan, agar para pemeluk agama Islam yang sekarang melaksanakan ibadah puas dapat melaksanakannya dengan baik," tambah dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X