Data "Quick Count" Dibandingkan Penghitungan KPU, Mana yang Terdekat?

Kompas.com - 22/05/2019, 12:49 WIB
Ilustrasi hitung cepat Pilpres 2019 Shutterstock.comIlustrasi hitung cepat Pilpres 2019

KOMPAS.com – Sejumlah lembaga survei yang mendapat otoritas dari Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah melakukan hitung cepat ( quick count) dan mengumumkan hasilnya, sesaat setelah proses pemungutan suara dilakukan 17 April lalu.

Hasil hitung cepat masing-masing lembaga survei menunjukkan angka yang berbeda-beda, namun semuanya menunjukkan posisi pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih unggul daripada pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Perbedaan itu, jelas karena masing-masing lembaga survei menggunakan sampel data yang berbeda.


Hasil quick count itu kemudian terlihat tidak begitu berbeda dengan rekapitulasi suara secara nasional berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum pada Selasa (21/5/2019) dini hari.

Hasilnya, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, suara secara nasional menunjukkan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf sebesar 85.607.362 suara atau 55,50 persen dan untuk Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Melihat hasil ini, dari sejumlah hasil quick count lembaga survei, siapa yang paling mendekati hasil penghitungan KPU?

Berikut perbandingannya:

Rekapitulasi KPU:
Jokowi-Ma'ruf Amin: 55,50 persen
Prabowo-Sandiaga: 44,5 persen

Indikator Politik Indonesia (data masuk: 99,97 persen)
Jokowi-Ma’ruf: 54,58 persen
Prabowo-Sandi: 45,42 persen

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X