Kompas.com - 21/05/2019, 16:58 WIB
Komisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU RI, Selasa (21/5/2019). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINKomisioner KPU Viryan Azis di Gedung KPU RI, Selasa (21/5/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis memastikan KPU bebas dari tekanan manapun.

Viryan mengatakan, tidak ada yang bisa mengintervensi KPU mengenai tahapan, jadwal dan hasil perhitungan suara pada Pemilu 2019.

"KPU ini tidak bisa ditekan oleh pihak manapun. Alhamdulilah sampai sekarang," ujar Viryan saat ditemui di Gedung KPU RI, Selasa (21/5/2019).

Viryan mengatakan, masyarakat tak perlu mencurigai ada tekanan kepada KPU untuk mempercepat penetapan hasil perhitungan suara. Menurut dia, peraturan memberikan kesempatan kepada KPU paling lambat selama 35 hari pasca pemungutan suara.

Baca juga: KPU Pastikan Pengumuman Rekapitulasi Tidak Terburu-buru dan Tidak Senyap

Dengan demikian, penetapan cukup menunggu selesainya proses rekapitulasi, tak perlu menunggu hingga hari ke-35 yang jatuh pada 22 Mei 2019. Menurut Viryan, proses rekapitulasi berjalan secara alami tanpa ada pengaturan.

"Prinsipnya, KPU tidak pada posisi meminta atau melakukun suatu proses yang dipaksakan, tidak. Semua mengalir biasa saja," kata Viryan.

Kompas TV Partai PDI Perjuangan menanggapi hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (21/5/2019) dini hari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, Selasa (21/5/2019) dini hari. Rekapitulasi meliputi 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.