Sikapi Hasil Pilpres, Prabowo Minta Para Pendukungnya Jaga Keamanan dan Ketertiban

Kompas.com - 21/05/2019, 14:38 WIB
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno bersalaman seusai menggelar konferensi pers dalam menyikapi hasil pilpres, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno bersalaman seusai menggelar konferensi pers dalam menyikapi hasil pilpres, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta para pendukungnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam menyikapi penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu ia ungkapkan saat menggelar konferensi pers di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

"Pihak paslon 02 menyerukan kepada seluruh komponen masyarakat, relawan pendukung dan simpatisan paslon 02 untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum," ujar Prabowo.

Selain itu, Prabowo juga mengimbau para pendukungnya yang akan menggelar aksi penolakan hasil pilpres agar tetap mengedepankan kedamaian.


Baca juga: Jokowi: Saya Sangat Menghargai Prabowo-Sandi ke MK

Ia menegaskan bahwa aksi-aksi menyampaikan pendapat di muka umum harus dilakukan seusai aturan hukum.

"Selalu menjaga agar aksi-aksi menyampaikan pendapat di depan umum, selalu dilaksanakan dengan damai, berakhlak dan sesuai konstitusional," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyatakan pihaknya menolak hasil Pilpres 2019.

Ia mengatakan, BPN telah menyampaikan untuk memberi kesempatan kepada KPU untuk memperbaiki seluruh proses, sehingga benar-benar mencerminkan hasil pemilu yang jujur dan adil.

Namun hingga pada saat terakhir tidak ada upaya yang dilakukan oleh KPU untuk memperbaiki proses tersebut.

Baca juga: 5 Provinsi yang Dimenangi Prabowo-Sandiaga dengan Suara Telak

Terkait hal itu, lanjut Prabowo, pihaknya akan melakukan seluruh upaya hukum sesuai konstitusi dalam menyikapi hasil pilpres.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X