Golkar Yakin Urutan Kedua Berdasarkan Perolehan Kursi di DPR

Kompas.com - 21/05/2019, 07:37 WIB
-- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil Pemilu Legislatif 2019 menetapkan Partai Golkar sebagai partai yang meraih suara nasional terbanyak ketiga di bawah PDI-Perjuangan dan Partai Gerindra.

Partai Golkar mendapatkan 17.229.789 atau 12,31 persen suara. Meski berdasarkan perolehan suara berada di posisi ketiga, Partai Golkar mengklaim berada di peringkat kedua jika berdasarkan perolehan kursi di DPR.

Caleg Golkar Ace Hasan Syadzily saat berkampanyeDok Ace Hasan Caleg Golkar Ace Hasan Syadzily saat berkampanye
"Soal perolehan pemilu legislatif, Alhamdulillah Partai Golkar berada dalam urutan kedua perolehan kursi DPR RI. Dalam pemilihan legislatif, tentu yang dilihat adalah perolehan kursinya karena kursi di DPR RI lah yang menjadi barometer perolehan pemilu legislatif," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily melalui keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Penetapan KPU: 9 Parpol Lolos Parlemen, PDI-P Unggul

 

Ace mengatakan, Partai Golkar mendapatkan 85 kursi di DPR. Sedangkan PDI-Perjuangan mendapatkan 129 kursi dan Gerindra mendapatkan 78 kursi.

Menurut Ace, meski perolehan suara Partai Gerindra lebih besar, tetapi sebaran suara Partai Golkar lebih merata di berbagai daerah pemilihan.

"Perolehan kursi DPR RI antara Partai Golkar dengan Gerindra cukup jauh, yaitu selisih 7 kursi. Jadi yang harus dilihat adalah perolehan kursinya," ujar Ace.

Baca juga: Ini Hasil Lengkap Pemilu Legislatif 2019 yang Ditetapkan KPU

 

Ace mengatakan, Partai Golkar berhasil mematahkan prediksi banyak pihak. Sebab, berbagai lembaga survei telah menyebut suara Golkar akan turun sampai satu digit pada Pileg 2019.

"Bahkan ada yang menyebut sampai dikisaran 6-9 persen. Namun Alhamdulillah partai Golkar masih dapat bertahan di urutan kedua perolehan kursinya," ujar Ace.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X