Polri Kerahkan 182.000 Polisi untuk Operasi Ketupat 2019

Kompas.com - 08/05/2019, 10:23 WIB
1.720 personel kepolisian disiagakan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik  di Jakarta Pusat. Ribuan personel akan disebar di sejumlah lokasi yang dinilai mengalami kepadatan, seperti Stasiun Senen, Gambir, serta di sejumlah terminal yang ada  di Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018). KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA1.720 personel kepolisian disiagakan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik di Jakarta Pusat. Ribuan personel akan disebar di sejumlah lokasi yang dinilai mengalami kepadatan, seperti Stasiun Senen, Gambir, serta di sejumlah terminal yang ada di Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018).
Penulis Devina Halim
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi akan mengerahkan sekitar 182.000 personel selama Operasi Ketupat Tahun 2019 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Korps Lalu-lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri menuturkan, jumlah tersebut masih ditambah dengan personel dari instansi terkait.

"Jumlah perkuatan kita seluruh Indonesia, 182.000 orang tambah dengan mitra-mitra terkait," kata Refdi di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Dari jumlah tersebut, sebesar 60 persen personel akan disiagakan di Pulau Jawa. Nantinya, mereka akan bergerak ke daerah lain jika dibutuhkan.

Ia meyakini bahwa jumlah tersebut sudah sesuai untuk menjalankan Operasi Ketupat 2019.

"Saya kira kekuatan-kekuatan ini sudah sangat proporsional, tergantung bagaimana nanti kita optimalkan pada jam-jam tertentu dan hari-hari tertentu setelah juga kita melakukan analisa lebih tajam lagi menjelang Operasi Ketupat 2019," tuturnya.

Operasi Ketupat Tahun 2019 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri direncanakan berlangsung selama 11 hari pada akhir Mei hingga awal Juni.

Rencananya, latihan operasi akan diselenggarakan pada 27 Mei. Pada 28 Mei, dijadwalkan pelaksanaan gelar pasukan. Adapun, pengaturan di lapangan dilakukan pada 29 Mei.

Polri memperkirakan puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 31 Mei, 1 Juni, dan 2 Juni 2019. Sementara, puncak arus balik diprediksi pada 7, 8, dan 9 Juni 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X