TKN Klaim Dukungan Anak Muda Antarkan Jokowi-Ma'ruf Menang Pilpres

Kompas.com - 07/05/2019, 18:31 WIB
Ketua Umum HIPMI Bahlil LahadiaTRIBUNNEWS.com Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadia

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Penggalangan Pemilih Muda Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Bahlil Lahadalia mengklaim bahwa kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 karena dukungan kaum milenial.

Sebab, kata dia, pemilih yang masuk kategori milenial dalam Pemilu 2019 ini cukup besar mencapai 39 persen.

"Sebelum pemilu saya katakan, siapa yang mampu digiring untuk mendapatkan simpatik memilih 01 atau 02, maka kemungkinan besar dia yang akan memenangkan pertarungan ini," kata Bahlil di Posko Cemara, Menteng, Selasa (7/5/2019).

Dalam penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukan Jokowi-Ma'ruf menang dalam Pilpres 2019. Bahlil mengatakan hal ini menandakan bahwa kelompok milenial mengambil peranan dalam kemenangan itu.


Baca juga: Gen Z Mulai Masuk ke Dunia Kerja, Apa Bedanya dengan Milenial?

Dalam TKN, Bahlil juga membawahi TKN milenial yang berisi anak-anak muda. TKN milenial ini bertugas menyosialisasikan program Jokowi-Ma'ruf kepada anak muda.

Salah satu juru bicara TKN Milenial, Pradana Indraputra menjelaskan awal mula para milenial di TKN ingin membantu Jokowi-Ma'ruf.

"Saya ingat sekali akhir tahun lalu kita lihat survei pada umur 20-29 tahun itu Pak Jokowi secara elektabilitas masih kalah. Saya sebagai anak muda merasa bingung," ujar Pradana.

Baca juga: TKN Milenial Jokowi-Maruf Kumpulkan Donasi untuk Petugas KPPS yang Wafat

Padahal menurut dia, Jokowi merupakan presiden yang paling peduli terhadap milenial. Jokowi sering menggunakan barang-barang karya anak bangsa dari mulai pakaian hingga sepatu. Jokowi juga selalu mengungkapkan keyakinannya terhadap start up di Indonesia yang dirintis anak muda.

"Tetapi kok bisa di kalangan umur 20-29 ini Pak Jokowi kalah. Akhirnya kita simpulkan oh bukan programnya yqng salah tapi mediumnya yang enggak kena," ujar Pradana.

Pradana mengatakan akhirnya TKN milenial membantu menyosialisasikan program Jokowi-Ma'ruf dengan cara-cara yang diterima anak muda. Mulai dari lewat media sosial hingga acara-acara anak muda.

"Akhirnya sampai di survei terakhir jadi berbanding terbalik nih tiba-tiba. Di usia milenial itu kita menang," ujar dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X