Awal Ramadhan 1440 H Berdasarkan Laporan Ahli Hisab dan Perwakilan Rukyat di 9 Daerah

Kompas.com - 05/05/2019, 19:45 WIB
Sidang Isbat. KOMPAS.com/Abba GabrillinSidang Isbat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama mengumumkan bahwa awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Kepastian itu diambil setelah ahli hisab dan perwakilan dari 9 daerah di Indonesia melaporkan pemantauan hilal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peserta sidang isbat mendapatkan pemaparan ahli hisab yang menyatakan bahwa hilal tampak posisi 4 derajat 30 menit 59 detik dan 5 derajat 42 menit 59 detik.

"Informasi hisab dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas kami di 102 titik. Setidaknya ada 9 petugas rukyat yang menyaksikan, telah menyampaikan testimoni di bawah sumpah," ujar Lukman dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Baca juga: Kemenag: Awal Ramadhan 1440 Hijriah Jatuh pada Senin 6 Mei 2019


Beberapa pemantau rukyat yang melaporkan pemantauan hilal berada di Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makassar, Brebes dan Sukabumi.

Menurut Lukman, seluruh peserta sidang isbat secara mufakat setuju bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Sidang diikuti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, ahli ilmu astronomi, perwakilan lembaga negara, DPR RI, duta besar dan perwakilan luar negeri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X