Dana Kampanye PKB Sampai Rp 142 Miliar, Mayoritas Berasal dari Caleg

Kompas.com - 01/05/2019, 22:25 WIB
PKB Laporkan Dana Kampanye Pemilu Rp 142 Miliar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaPKB Laporkan Dana Kampanye Pemilu Rp 142 Miliar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Menurut Wakil Bendahara Umum PKB Bambang Susanto, penerimaan dana kampanye partainya mencapai Rp 142 miliar. Sedangkan pengeluarnnya sebanyak Rp 141 miliar.

"Hari ini kita menyerahkan LPPDK sesuai dengan ketentuan Undang-Undang kita bisa menyerahkan. Jadi penerimaan itu Rp 142 miliar kemudian kalau pengeluaran tercatat 141 miliar," kata Bambang saat menyerahkan LPPDK ke kantor akuntan publik (KAP) yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).

Sisa penerimaan dana kampanye Rp 1 miliar dilaporkan sebagai dana yang saat ini ada di rekening.

Baca juga: KPU: Besok Hari Terakhir Peserta Pemilu Serahkan Laporan Dana Kampanye

Menurut Bambang, dari total dana kampanye Rp 142 miliar, sumbangan paling banyak berasal dari calon legislatif (caleg) yaitu Rp 133 miliar.

Selebihnya, dana berasal dari DPP PKB. Ada pula dana dari badan usaha non pemerintah sebesar Rp 7 miliar dan sumbangan perseorangan Rp 1,3 miliar.

"Rata-rata dari caleg itu kita enggak punya patokan jumlah. Cuma dari angka Rp 100 juta-2 miliar," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, dana kampanye digunakan untuk alat peraga kampanye (APK) dan kegiata lain seperti pelatihan saksi.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X